Eksterior Mobil merupakan bagian luar mobil yang meliputi bentuk dan ukuran yang menentukan keaerodinamisan sebuah mobil serta komponen-komponen penunjang lainnya seperti lampu depan, lampu belakang, spion samping, parking sensor, corner sensor, smart system, roda dan ban, dan lainnya.

Terlepas dari fakta bahwa setiap tipe dan seri mobil sudah dilengkapi beragam model, fasilitas, dan fitur yang lengkap, tidak sedikit orang yang melakukan modifikasi dengan menambahkan sejumlah perubahan pada mobil mereka. Alasannya, mobil yang sudah dimodifikasi dalam gaya atau tema tertentu dapat lebih mencerminkan kepribadian pemiliknya. Hal ini berlaku bagi modifikasi bagian eksterior maupun interior.

Ada banyak aksesoris atau variasi di pasar yang bisa Anda pilih untuk modifikasi eksterior mobil Anda pada bengkel mobil, Anda tinggal menyesuaikan dengan selera dan budget yang ada saja. Namun, bila Anda masih bingung, berikut beberapa poin yang bisa Anda modifikasi pada bagian luar mobil Anda yang akan membuat tampilan mobil Anda jadi lebih keren.

1. Rear Wing

Kalau membicarakan soal keren, rear wing juga salah satu aksesoris eksterior yang tidak bisa dilewatkan. Pemakaian rear wing, selain melindungi kaca belakang juga untuk menambah kerennya mobil Anda. Mobil dengan 5 seats seperti Honda Jazz, Suzuki Swift, Ayla, Agya dan jenis lainnya biasanya cocok dengan penambahan rear wing. Tetapi untuk modifikasi rear wing tetap tergantung pada pilihan Anda sebagai pemilik mobil.

2. Velg Mobil

Untuk urusan velg mobil memang nggak ada matinya. Saking banyaknya pilihan, Anda bisa bingung mau pilih yang mana. Salah satu hal yang bisa Anda lakukan, sesuaikan velg dengan hobi atau hal yang Anda sukai.

Buat pecinta racing, silahkan pilih velg racing yang sesuai dengan selera Anda. Masih ada banyak jenis velg lain yang bisa Anda pilih. Apalagi kalau Anda ternyata suka yang tipe klasik, makin bingung, karena akan ada banyaknya pilihan.

Modifikasi Bagian Eksterior Mobil, sumber ig design_by_batmanofficial
Modifikasi Bagian Eksterior Mobil, sumber ig @design_by_batmanofficial

3. Headlamp Mobil

Yang satu ini pun menjadi andalan untuk pecinta mobil. Buat yang suka modifikasi mobil biasanya headlamp atau lampu depan menjadi salah satu bagian yang harus diubah. Headlamp bukan lagi sekedar pencahayaan semata, tetapi juga memperlihatkan kelas.

Jangan salah, harga headlamp ini pun bisa mencapai harga jutaan tergantung jenis lampu dan kostumisasi yang dilakukan. Modifikasi headlamp bisa dilakukan untuk jenis mobil apapun, asalkan masih sesuai dengan modifikasi mobil yang telah dilakukan. Jika pilihannya hanya mengubah headlamp saja, maka pilihlah headlamp yang tidak terlalu mencolok.

4. Sticker Mobil

Pilihan sticker mobil memang beragam, tetapi memilih sticker mobil juga harus berhati-hati. Yang penting adalah bagaimana bentuk dan desain sticker yang Anda inginkan. Biasanya penyedia jasa sticker ini sudah memiliki banyak desain, tetapi tidak ada salahnya kalau Anda mencoba tanyakan untuk kostumisasi.

Perhatikan pula teknik cutting sticker yang mereka gunakan, usahakan tekniknya tetap halus dan tidak menimbulkan sesuatu yang membuat Anda jadi tidak nyaman nantinya. Karena ketika Anda mengendarai mobil artinya mata siapa saja dapat tertuju pada kendaraan  dan yang paling pasti kamu tidak ingin dijadikan bahan cemoohan oleh orang. Lebih baik lakukan riset terlebih dahulu mengenai jasa pelayanan sticker mobil mana yang dapat Anda gunakan. Memilih sticker yang tepat berarti membuat mobil Anda terlihat semakin keren.

5. Bumper

Satu lagi aksesoris yang bersifat eksterior yang bisa Anda modifikasi untuk mobil keren Anda. Bumper bisa bikin mobil Anda terlihat semakin keren atau bahkan bisa membuatnya terlihat jauh dari kata ‘keren’.

Sebelum memasang bumper, Anda harus perhatikan dahulu mobil Anda. Apakah perlu penggantian bumper atau hanya sekedar menambah sedikit bumbu agar tampil lebih maksimal. Bahkan jasa penyedia bumper kostumisasi pun sudah semakin banyak. Biasanya pemasangan bumper bukan hanya untuk bagian depan saja, tetapi juga untuk bagian belakang mobil. Apalagi penggunaan bumper memang bertujuan untuk melindungi mobil, jadi perbaikan ataupun penambahannya harus sesuai dengan ergonomisnya.

Ilustrasi Velg dan Ban, sumber ig nexussova
Ilustrasi Velg dan Ban, sumber ig @nexussova

6. Warna Mobil

Semua jenis modifikasi yang telah disebutkan di atas akan semakin terlihat lebih keren lagi, dengan penggabungan warna mobil yang sesuai. Jangan pernah menempelkan sticker yang warnanya terlalu berlawanan dengan warna mobil Anda dan sebaliknya. Jangan pula memasang bumper mobil yang warnanya tidak sesuai dengan warna keseluruhan mobil. Warna bukan sesuatu yang bisa Anda anggap remeh, apalagi jika membicarakan mengenai mobil.

Warna dapat menggambarkan sebuah kepribadian, dan modifikasi mobil yang dilakukan pun dapat menjawab mengenai kepribadian si pemilik. Maka Anda harus siap untuk dibaca oleh orang lain. Lakukanlah modifikasi yang Anda rasa cukup membuat Anda puas dan menarik untuk dilihat. Pemilihan semua aksesoris ini lebih baik didahului oleh riset. Karena dengan adanya riset maka Anda memperkecil kesalahan yang mungkin muncul saat mulai melakukan modifikasi.

Demikian ulasan mengenai tips modifikasi mobil bagian eksterior yang bakal membuat tampilan mobil Anda jadi lebih keren. Bagi Anda pecinta mobil, tentu modifikasi eksterior ini jadi daya tarik tersendiri. Semoga informasi ini bermanfaat.