Bengkel Ganti Oli Mobil Jogja, Berikut Informasinya

Mengganti oli mobil merupakan salah satu hal rutin yang perlu dilakukan oleh setiap pengendara mobil atau pemilik kendaraan mobil. Karena mesin yang merupakan bagian utama kendaraan akan menjadi awet serta terawat dan terhindar dari kerusakan. Bengkel ganti oli mobil Jogja bisa membantu siapa saja yang membutuhkan layanan ini dengan harga yang terjangkau.

Sebelum melihat tarif servis di bengkel ganti oli mobil Jogja, tidak ada salahnya untuk menyimak berbagai informasi seputar manfaat oli pada mesin kendaraan serta hal yang perlu diperhatikan saat ganti oli mobil. Dengan informasi ini, para pemilik kendaraan diharapkan bisa mengganti oli mobil secara rutin dan merasakan manfaatnya.

Manfaat Ganti Oli Mobil

Bengkel ganti oli mobil Jogja bukan sekedar memasarkan layanannya tanpa alasan. Jelas memang ganti oli mobil adalah salah satu perawatan rutin yang harus terus diingat. Nah, seperti apa manfaat ganti oli mobil ini?

Pengeringan Oli, sumber Garasi
Pengeringan Oli, sumber Garasi

1. Pelumas Mesin (lubricating)

Sebagaimana diketahui, oli merupakan pelumas bagi komponen mesin. Pelumas akan bekerja untuk meminimalkan gesekan-gesekan antar-logam (komponen mesin) sehingga gerakan mesin menjadi halus atau dapat diminimalisir hambatannya. Di samping itu, oli yang mencegah gesekan yang terlalu kasar antar-komponen mesin bisa mencegah rusaknya bagian-bagian mesin.

2. Pelindung Mesin

Cairan oli adalah zat kimia yang dirancang khusus untuk tahan terhadap reaksi logam seperti karat. Oli tidak hanya melindungi mesin dari gesekan antar-komponen di dalam mesin, tetapi juga melindungi mesin dari korosi atau karat. Manfaat oli di sini adalah untuk mencegah reaksi oksidasi pada komponen-komponen mesin dan menghilangkan reaksi kimiawi logam dengan panas saat pembakaran yang bisa menyebabkan korosi pada komponen.

3. Pembersih Mesin

Meskipun sudah tertutup, namun bagian mesin tetap saja sulit dicegah dari kotoran yang merupakan benda material kecil. Kotoran dapat masuk melalui sela-sela ring dan akhirnya menjadi sisa pembakaran mesin yang menghasilkan kerak. Kerak atau kotoran tersebut akan dilarutkan oleh oli (pelarut kotoran) atau bercampur dengan oli yang selanjutnya dan akan dibuang bersama oli saat pergantian oli mesin.

4. Mendinginkan Mesin

Panas yang terjadi akibat pembakaran pada ruang bakar akan merambat ke dalam mesin. Selain itu, panas akibat gesekan antar-komponen dalam mesin juga menambah suhu di dalam mesin. Oli sebagai pendingin akan mengalir pada permukaan komponen-komponen dalam mesin untuk selanjutnya membawa panas tersebut ke penampungan oli, dan panas akan dibuang bersama udara yang mengaliri tempat penampungan oli.

Sebagai pendingin, oli sangat berperan besar dalam menjaga komponen mobil agar selalu memiliki performa yang baik. Ingat, panas yang terlalu tinggi (over heat) akan merusak komponen-komponen dalam mesin yang secara kimiawi dapat merusak ikatan logam dan secara fisika dapat menyebabkan pemuaian pada komponen mesin yang nantinya membuat mesin menjadi bermasalah.

Pengeringan Oli, sumber Garasi
Pengeringan Oli, sumber Garasi

5. Menghemat Biaya

Selain kebutuhan bagi mesin, mengganti oli secara rutin bisa menghemat pembiayaan. Misalnya dari pendinginan mesin yang efektif sehingga menghemat penggunaan bahan bakar. Selain itu, penghematan biaya ini bisa dilihat pula dari sisi perlindungan dari kerusakan mesin serta mesin yang lebih awet atau tahan lama untuk tidak diservis.

Perhatikan Hal Berikut Ini

Bengkel ganti oli mobil Jogja juga akan memberikan Anda informasi seputar hal-hal yang perlu diperhatikan saat proses pergantian oli mobil. Dengan kontribusi konsumen untuk ikut memperhatikan hasil kerja penggantian oli mesin, layanan yang diberikan akan bisa lebih maksimal. Berikut seperti yang dikutip dari kompas.com.

1. Perhatikan takaran volume oli

Pemilik mobil atau petugas di bengkel tidak boleh main-main dengan takaran volume oli di dalam tangki penyimpanan. Pada dasarnya, oli mobil harus sesuai dengan kapasitas tangki, tidak boleh lebih ataupun kurang. Jika kelebihan, komponen mesin akan terasa lebih berat dan berpotensi jebol.

Selain itu, kelebihan oli juga bisa mengganggu kinerja crankshaft atau poros engkol yang terendam oli. Sementara itu, oli yang kurang dari takaran dapat merusak komponen karena mesin tidak mendapat cukup lumasan. Bahkan, kekurangan oli dapat berdampak lebih fatal, yakni mesin berpotensi aus dan overheat.

Baut Oil Drain Mobil, sumber Cinta Mobil
Baut Oil Drain Mobil, sumber Cinta Mobil

2. Perhatikan Baut Oil Drain

Langkah pertama yang harus dilakukan saat mengganti oli adalah mengeluarkan oli lama terlebih dahulu. Caranya, dengan membuka baut oil drain atau penampung oli. Setelah oli lama keluar, tutup kembali lubang oil drain dan isi dengan oli baru. Namun, terkadang langkah memasang baut kerap disepelekan banyak orang, terutama saat melakukannya sendiri.

Baut penampungan oli yang dipasang kendur bisa berbahaya. Sebab, saat mobil melaju dan menciptakan getaran, baut akan semakin longgar. Akibatnya, tutup penampung oli jadi kendur sehingga menyebabkan kebocoran. Baut yang dipasang terlalu kencang pun tidak dianjurkan karena baut bisa rusak dan sulit dibuka di kemudian hari. Cara mudahnya untuk memastikan ini adalah dengan menggunakan kunci torsi baut.

3. Oli Sesuai Spesifikasi

Pemilik mobil harus menggunakan oli sesuai dengan spesifikasi mesin kendaraannya. Karenanya, mereka perlu mengetahui secara rinci informasi tentang mesin yang ada pada buku panduan. Cara lain memahami informasi mesin adalah dengan berkonsultasi dengan orang yang lebih kompeten tentang dunia otomotif.

Harga Layanan Ganti Oli Mobil

Berdasarkan harga pelayanan ganti oli mobil, bengke ganti oli mobil Jogja juga memasang tarif yang relatif sama. Berikut rinciannya :

  • Mobil Toyota Avanza: ganti oli Rp 300.000 – Rp 500.000; Oil Drain Rp 590.000 – Rp 708.000 (10-12 liter)
  • Mobil Kijang Innova : Ganti Oli Rp 360.000 per satu galon (4 liter)
  • Mobil Agya : Rp 510.000 – Rp 570.000 (3 liter oli) dan Rp 680.000 – Rp 760.000 (4 liter oli)
  • Tarif lainnya sesuai tipe kendaraan

Ingin Melakukan Penggantian Oli Mobil?

Kontak WA untuk perawatan Mobil Jogja
Kontak WA Bengkel Ganti Oli Mobil Jogja