Berbicara terkait Busi mobil, tentu penting untuk anda mengetahui cara membedakan antara Busi asli dan palsu agar saat anda berkendara menjadi aman dan nyaman. Karena busi sangat terkait dengan starter mobil.

Selain oli, Busi juga banyak dipalsukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab yang memanfaatkan kesempatan ini untuk mengeruk keuntungan-keuntungan dengan membuat busi palsu.

Pasalnya, Memang harga Busi Asli memiliki harga yang tinggi. Walaupun harga tinggi, tentu Anda akan memilih busi dengan harga tinggi demi keselamatan dan kenyamanan Anda dalam berkendara.

Untuk itu, berikut ini kami merangkum beberapa cara untuk membedakan busi asli dan palsu, simak berikut ulasan :

1. Kode Busi

Perbedaan yang paling mendasar bagi Anda dengan mudah untuk memahami Busi asli atau palsu adalah Kode Busi. Mengapa Kode Busi? karena kode busi hanya diproduksi oleh produsen asli. Untuk membedakan mana kode asli dengan palsu adalah dengan memperhatikan font, typography, dan warna kode.

Tulisan kode busa palsu cenderung menggunakan font yang tidak terstandar dan typography juga tidak beraturan atau tidak rapi dalam penulisan. Selain itu juga Kode busi palsu memiliki warna tulisan yang lebih hitam.

2. Ulir

Cara membedakan busi asli dan palsu selanjutnya adalah dengan memperhatikan Ulir. Ulir atau yang biasa dikenal dengan drat, pada busi asli memiliki ulir yang lebih rapi dan halus. Sedangkan pada busi palsu memiliki ulir yang lebih kasar.

Trik untuk mudah membedakan mana ulir busi asli dan palsu adalah saat ingin membeli busi, mintalah ke penjual untuk memperlihatkan berbagai macam merk busi lainnya agar Anda dengan mudah untuk membanding-bandingkan antara satu busi dengan busi lainnya.

3. Keramik

Cara untuk membedakan Busi asli dan palsu lainnya adalah memperhatikan keramik yang terdapat pada busi. Keramik ini berfungsi sebagai isolator. Perhatikan warna dari keramik tersebut, jika busi tersebut asli tentunya akan memiliki warna keramik yang cerah dan begitu sebaliknya.

Pengecekan Busi, sumber : Momobil.id
Pengecekan Busi, sumber : Momobil.id

4. Plating Metal shell

Plating Metal Shell adalah cara selanjutnya udan Anda bisa membedakan antara busi asli dan palsu. Jika busi asli, plating metal shellnya akan menggunakan material baja dan tidak berkarat.

Sementara busi palsu, akan menggunakan plating metal shell yang berbahan material mudah berkarat. Bahkan pada kemasan busi palsu anda akan menemukan titik karat.

5. Gasket

Gasket atau ring pada busi asli umumnya memiliki permukaan lebih halus dan tidak mudah dilepas meski diputar mengikuti alurnya. Sementara Gasket busi palsu memiliki gaster yang terlihat tidak rapi karena ada bekas potongan dan mudah untuk dilepas.

6. Konstruksi Elektroda

Elektroda busi adalah komponen yang paling ujung dari busi yang terhubung langsung dengan ground kendaraan. Elektroda berfungsi untuk memercikan bunga api. Untuk membedakan mana busi asli dengan palsu adalah dengan memperhatikan konstruksi Elektroda. Busi asli tentu akan memiliki konstruksi elektroda yang beraturan.

Itu dia beberapa ciri membedakan busi asli dan palsu. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda. Simak berbagai informasi bengkel mobil Jogja lainnya di website ennergimotorsport.com.