Cara Memperbaiki AC Mobil РKetahuilah, AC sebenarnya mirip kulkas, hanya tampilannya berbeda. AC didesain untuk memindahkan panas dari satu tempat (dalam mobil Anda) ke tempat lain (di luar).

Ulasan ini tidak akan membicarakan setiap jenis AC pada setiap merk mobil, namun penjelasan tentang AC di sini akan memberikan pemahaman bagi Anda untuk bisa berbicara dengan jelas kepada mekanik AC sesungguhnya.

Memahami Komponen Utama AC Mobil

  1. Kompresor: Mengkompresi dan mensirkulasikan zat pendingin di dalam sistem AC
  2. Freon: Pada mobil modern, freon menggunakan jenis R 134a, dan pada mobil lama menggunakan freon R 12, yang sekarang makin mahal dan langka, juga membutuhkan ijin untuk penjualannya. Freon tugasnya menghilangkan hawa panas.
  3. Kondensor: Untuk merubah bentuk freon dari gas menjadi cair dan menlenyapkan hawa panas dari mobil.
  4. Katup Expansi: Bertugas menjadi semacam pentil yang berfungsi me nurunkan tekanan cairan freion, mengukur alirannya dan mengatomisasinya.
  5. Evaporator: Bagian ini mendinginkan udara yang disemburkan melaluinya, sehingga udara menjadi dingin.
  6. Receiver/Dryer: Ini berfungsi sebagai filter freon/oli, menghilangkan kelembaban dan kotoran lain.

Memahami Proses Pendinginan Udara

Pada intinya, kompresor menekan freon dan mengirimnya ke sirip pengembun. Umumnya sirip ini terdapat di bagian depan radiator mobil Anda.

Menekan gas akan membuatnya panas. Dalam kondensor, panas akan bertambah, dan panas yang ditangkap pleh freon akan dikeluarkan ke udara luar. Saat suhu freon menurun ke titik saturasinya, freon akan berubah ujud dari gas menjadi cair.

Cairan kemudian mengalir melalui katup expansi, menuju evaporator, dan bagian cair dari ffreon akan menyerap panas dari udara melalui sirip-sirip dan menguapkannya. Blower AC meniupkan udara melalui evaporator yang dingin menuju interior mobil Anda. Freon kembali ke siklus pendinginan awal.

Cara Memperbaiki AC Mobil

Ilustrasi AC Mobil, Sumber : lokadata.id

Berikut ini beberapa cara memperbaiki AC mobil yang bisa Anda lakukan:

1. Melihat Kebocoran Freon

Kebocoran mudah dideteksi tapi tidak mudah diperbaiki tanpa membongkarnya. Kebanyakan toko suku cadang mobil menyediakan cairan pewarna yang bisa ditambahkan ke dalam sistem untuk mendeteksi kebocoran, dan ada petunjuk pada kalengnya.

Jika kebocoran cukup besar, sistem tidak memiliki tekanan yang cukup untuk bekerja. Cari pentil bagian bawah dan periksa tekanannya. Jangan gunakan apapun untuk menusuk pentil untuk melihat apakah ada gas yang keluar, ini tidak diijinkan. ini disebut venting.

2. Memastikan Kompresor Berputar

Nyalakan mesin dan AC, periksa di bawah kap mesin. Kompresor ac biasanya benda berbentuk pompa yang pada sisinya ada slang besi dan karet menuju kepadanya. Mungkin tidak ada penutup, tapi ada dua katup berbentuk pentil sepeda. Puli di bagian depan kompresor adalah puli bagian luar dan sambungan bagian dalam yang akan berputar saat AC dinyalakan.

Jika AC dan blower menyala, tapi bagian tengah dari puli tidak berputar artinya kompresor tidak berputar. Ini bisa disebabkan oleh sekring yang putus, masalah perkabelan, switch AC yang rusak, atau sistem kekurangan Freon. Pada umumnya sistem AC memiliki sistem pengaman yang akan memutuskan arus jika freon tidak cukup.


3. Melakukan Pengecekan Bagian Lain

Masalah lain yang mungkin terjadi pada AC adalah saklar yang rusak, sekring putus, kabel putus, fanbelt putus (mengakibatkan kompresor tidak berputar), atau kerusakan seal di dalam kompresor.

4. Mencoba Merasakan Udara Dingin

Ilustrasi Merasakan Udara Dingin AC, Sumber : gojek.com

Jika ada udara dingin namun hanya sedikit, mungkin ini disebabkan hanya karena tekanan yang kurang, dan Anda bisa menambahkan freon. Biasanya toko suku cadang menyediakan freon beserta petunujuk pengisiannya.

Jangan isi terlalu banyak! Menambahkan freon melebihi rekomendasi tidak akan menambah kemampuan pendinginannya, tapi malahan akan menguranginya. Sebenarnya, dengan alat yang lebih mahal pada bengkel AC akan memonitor kondisi sebenarnya pada AC anda saat menambahkan freon. Saat pendinginan berkurang, kurangi tekanannya sampai kemampuannya meningkat lagi.

Tips Saat Memperbaiki AC Mobil

1. Jika Anda mencurigai adanya kabel yang rusak, pada umumnya kompresor memiliki kabel yang mengarah ke switch elektrik. Cari konektor pada kabel itu dan lepaskan. Ambil kabel secukupnya, hubungkan kabel dari kompresor ke terminal plus (+) pada aki Anda.

Jika Anda mendengar suara TAK, switch elektrik tidak rusak, dan Anda harus memeriksa perkabelan pada sisi mobil Anda.

Jika Anda tidak mendengar apapun, switch elektrik artinya telah rusak harus diganti. Idealnya, jika Anda bisa melakukan tes ini saat mesin menyala, Anda bisa melihat apakah kompresor berputar. Hati hati dengan jari atau baju Anda jangan sampai terkena bagian berputar.

Dengan demikian, kerusakan bisa dipastikan bukan berasal dari switch, tapi mungkin disebabkan karena belt kendur dan licin sehingga tidak dapat memberikan tekanan yang cukup.

2. Freon yang mungkin Anda perlukan adalah HC12 yang sedikit lebih banyak dipakai di Eropa. R12 berfungsi lebih baik daripada R12 atau R134a. Ini lebih mudah terbakar. HC12a lebih ramah lingkungan dibandingkan R12 atau R134a, namun karena HC12a mengandung hidrokarbon, ini bisa menimbulkan emisi VOC.

Ilustrasi Freon AC Mobil, Sumber : bornfordtough.com

Freon jenis ini harus dipesan melalui internet karena tidak tersedia pada toko. Masalahnya adalah bengkel AC mungkin tidak bisa mengerjakannya karena membutuhkan alat khusus. Mengunakan R12 atau R134a adalah pilihan yang lebih aman.

3. Kadang-kadang masalahnya bukan pada freon. Mungkin ada masalah dengan radiasi panas yang berasal dari ruang mesin, yang menurunkan kemampuan AC untuk mendinginkan. Anda bisa mencoba menyekat/membungkus selang pendingin AC di dekat mesin untuk mengurangi pengaruh panas mesin terhadapnya.

4. Jika AC mobil Anda bocor meskipun pipa pembuangan bersih, mungkin ada air yang memasuki sistem AC saat mengemudi dalam hujan.

5. Akan ada sedikit oli pada sistem Anda.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa cara memperbaiki AC mobil yang bisa Anda lakukan, bahkan beberapa diantaranya bisa Anda lakukan sendiri. AC mobil yang baik tentu saja membuat Anda lebih nyaman ketika berkendara. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.