Cara Merawat Ban Mobil – Kenyamanan saat berkendara di jalan bukan hanya dari jenis atau merek mobil yang digunakan. Salah satu faktor penunjang dalam kenyamanan Anda berkendara yaitu ban.

Ban adalah bagian komponen penting dari kendaraan darat dan digunakan untuk mengurangi getaran yang disebabkan oleh ketidakteraturan permukaan jalan, melindungi roda dari aus dan kerusakan, serta memberikan kestabilan antara kendaraan dan tanah untuk meningkatkan percepatan dan mempermudah pergerakan kendaraan.

Sebagian besar ban yang ada saat ini, terutama yang digunakan untuk kendaraan bermotor, diproduksi dari karet sintetik, walaupun bisa juga digunakan dari bahan lain seperti baja.

Meskipun posisinya berada paling bawah dari kendaraan termasuk mobil, ban merupakan salah satu komponen yang cukup penting. Tanpa ban, mobil tidak bisa berjalan. Tetapi, kebanyakan dari pemilik mobil terkadang menyepelekan atau bahkan tidak peduli dalam hal merawat ban mobil.

Sama seperti komponen mobil lainnya, ban juga tentu butuh untuk mendapat perhatian dan perlu dilakukan perawatan secara rutin. Bila Anda jarang merawat ban mobil, hal tersebut dapat membuat usia pemakaian ban menjadi lebih singkat dan akhirnya ban mudah rusak.

Selain menjadi faktor utama penunjang kenyamanan, ban mobil juga dapat membantu kinerja mesin. Ban yang jarang dirawat dapat mengurangi performa mobil Anda. Jika hal tersebut dibiarkan, bisa membuat konsumsi bahan bakar menjadi meningkat (boros).

Sebenarnya merawat ban mobil itu tidaklah susah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Perawatan ban sebaiknya mulai dilakukan ketika baru terpasang di velg. Jangan sampai menunda dalam jangka waktu lama, hitungan bulan bahkan tahun.

Cara Merawat Ban Mobil

Ilustrasi Ban Mobil
Ilustrasi Ban Mobil, Sumber : Daihatsu

Ban merupakan salah satu bagian yang cukup penting pada kendaraan bermotor termasuk mobil. Selain memiliki fungsi untuk mengurangi getaran yang disebabkan oleh jalan yang tidak teratur, juga bisa melindungi ban dari keausan.

Ban bisa menyeimbangkan kendaraan saat berada di permukaan tanah yang bergelombang. Berdasarkan hal tersebut, ada baiknya Anda menjaga keawetan ban mobil Anda dengan melakukan beberapa hal berikut ini.

1. Memeriksa Kondisi Ban 

Setelah Anda bepergian menggunakan mobil, Anda perlu untuk selalu memeriksa kondisi ban mobil Anda. Hal tersebut perlu dilakukan karena saat mobil yang Anda kendarai tanpa sengaja masuk ke dalam jalan yang berlumpur, kotoran berupa lumpur basah tersebut bisa jadi ada yang tertinggal dan menempel di ban.

Jika Anda tidak membersihkannya, akibatnya kotoran tersebut akan mengering. Kemudian kotoran yang telah mengering itu bisa mengganggu laju kendaraan Anda.

2. Menukar Posisi Ban

Anda perlu memastikan untuk menukar posisi ban mobil secara berkala, disesuaikan dengan keausan masing-masing ban. Umumnya ban mobil bagian depan relatif lebih cepat aus dibandingkan dengan ban mobil bagian belakang.

Hal tersebut dikarenakan ban bagian depan digunakan untuk berbelok dan mengerem mobil. Waktu yang cocok untuk melakukan penukaran posisi ban adalah per 5 ribu kilometer jarak tempuh kendaraan Anda.

3. Memeriksa Tekanan Angin Ban

Ilustrasi Memeriksa Tekanan Angin Ban
Ilustrasi Memeriksa Tekanan Angin Ban, Sumber : momobil.id

Cara merawat ban mobil selanjutnya yaitu dengan memeriksa tekanan angin ban mobil Anda secara rutin dan memastikan bahwa ukuran tekanan angin masing-masing sudah sesuai dengan standar yang diperlukan.

Pemeriksaan tersebut penting untuk dilakukan agar ban mobil tidak mudah rusak dan pecah. Tekanan ban yang berlebih atau kurang akan menyebabkan mobil terasa kurang stabil saat dikendarai.

4. Memperhatikan Barang Bawaan

Membawa banyak barang saat bepergian memang tidak dilarang. Namun, Anda tetap perlu memperhatikan berat keseluruhan barang yang dibawa.

Semakin berat barang yang Anda bawa, tentu kendaraan pun akan menanggung beban yang semakin berat juga. Maka dari itu, barang yang mungkin tidak terlalu penting untuk dibawa sebaiknya tidak perlu Anda bawa.

Baca juga : Penyebab Ban Pecah

Tips Sederhana

Berikut ini beberapa tips sederhana mengenai langkah-langkah merawat ban mobil. Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Pertama, Anda perlu memperhatikan tekanan angin pada ban. Anda perlu sesuaikan dengan petunjuk di plakat kendaraan di samping dalam pintu atau sesuai dengan anjuran pabrik ban. Lalu, upayakan ban dilakukan balancing dan spooring agar pengendalian performa dan kenyamanan mobil tetap optimal saat berkendara.

Jika ban kotor, sebaiknya Anda menggunakan sabun atau sampo mobil khusus untuk membersihkannya. Untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda perlu melepaskan keempat roda dan membersihkan sisa kotoran di sela-sela roda ban secara menyeluruh. Kemudian lakukan hal tersebut minimal sebulan sekali.

Ilustrasi Pengecekan Kaki Mobil di Bengkel
Ilustrasi Pengecekan Kaki Mobil di Bengkel, Sumber : Auto2000

Langkah selanjutnya Anda perlu memilih jenis dan ukuran ban yang tepat. Ban terdiri dari beberapa jenis. Ada yang memang dirancang secara khusus untuk medan jalan aspal, tanah, bebatuan dan lainnya. Pastikan juga ban yang Anda gunakan sesuai dengan ukuran dari velg mobil Anda.

Selain itu, jangan lupa untuk melakukan rotasi ban mobil. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah keausan yang kurang merata, juga untuk memperpanjang usia pakai ban. Sebaiknya Anda melakukan rotasi ban ketika mobil telah menempuh perjalanan sejauh 5 ribu sampai 10 ribu kilometer.

Melakukan penggantian ban baru bisa dilakukan ketika sudah waktunya tiba. Ban memiliki Tread Wear Indicator (TWI) yang terdapat pada bagian telapaknya. TWI ditunjukan dengan tanda segitiga. Jika telapak ban sudah menyentuh bagian TWI, artinya pemilik mobil harus segera mengganti ban.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa cara merawat ban mobil yang bisa Anda lakukan. Dengan ban mobil yang terawat, tentu Anda akan semakin nyaman saat berkendara. Selain perawatan ban bisa Anda lakukan sendiri, namun Anda juga bisa melakukan perawatan rutin mobil Anda ke bengkel kaki kaki mobil terdekat. Semoga informasi ini bermanfaat.