Jika anda perhatikan, di jalan raya sekarang ini jumlah mobil memang dapat terbilang semakin meningkat dibandingkan beberapa tahun sebelumnya. Mobil yang ada pun juga beraneka ragam, baik dari jenisnya maupun cat atau warna mobil. Sebagai pemilik mobil, tentunya anda perlu melakukan perawatan pada kendaraan tersebut. Mulai dari perawatan mesin seperti tune up, hingga perawatan cat agar tetap mengkilap. Bagaimanakah cara merawat mobil agar tetap mengkilap?

Penyebab Mobil Terlihat Tidak Mengkilap

Biasanya mobil memang digunakan dalam berbagai kegiatan masyarakat. Hal ini tentunya juga akan berdampak pada kondisi cat mobil. Bahkan beberapa faktor penyebab kadang membuat kondisi cat mobil tidak mengkilap lagi. Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan kondisi mobil tidak mengkilap lagi:

  • Terlalu lama berada di cuaca yang sangat panas, cuaca yang panas dan terik matahari lambat laun akan membuat kondisi cat semakin memudar.
  • Tidak menggunakan pelindung mobil, meskupun kedengarannya sepele, ternyata membiarkan mobil tidak tertutupi dengan pelindung memang cukup berdampak pada cat mobil tersebut.
  • Malas mencuci, intensitas mencuci mobil memang perlu diperhatikan. Kadang malas mencuci mobil juga dapat menyebabkan cat mudah pudar.

Cara Perawatan Mobil Agar Tetap Mengkilap

Siapa yang tidak ingin mobilnya tetap terlihat mengkilap meskipun telah digunakan selama bertahun-tahun? Tentu saja hampir semua pengendara ataupun pemiliki mobil menginginkan hal tersebut. Lalu, bagaimana cara merawat mobil agar tetap mengkilap? Mungkin beberapa cara merawat mobil agar tetap mengkilap seperti berikut ini dapat anda coba :

1. Meng-compound body mobil

Anda dapat menggunakan kompon untuk beberapa bagian tertentu pada mobil Misalnya pada bagian yang memang terkena goresan atau kotoran. Tidak semua orang bisa melakukan compound atau punya waktu untuk melakukannya. Jika anda di area Jogja, anda bisa datang ke tempat ini untuk melakukan compound mobil anda.

Ilustrasi mobil dengan cat mengkilap, sumber unsplash

Ilustrasi mobil dengan cat mengkilap, sumber unsplash

2. Memarkir Mobil Di Tempat Yang Teduh

Tempat yang teduh memang cukup berguna bagi kondisi cat mobil anda. Salah satu cara merawat mobil agar tetap mengkilap adalah dengan memastikan bahwa anda parkir di tempat yang teduh. Setidaknya anda tidak terlalu sering memarkirkan mobil di tempat yang panas. Suhu yang panas akan membuat cat mobil terlihat kusam dan memudar.

3. Menutupi Mobil Saat Dalam Keadaan Yang Kering

Cara merawat mobil agar tetap mengkilap yang satu ini cukup penting untuk diperhatikan. Memang kelihatannya sepele, namun ternyata menutupi mobil saat kondisinya masih basah dapat membuat cat mobil menjadi kusam. Oleh karena itu, pastikan bahwa anda menutupi mobil hanya ketika kondisinya kering saja.

4. Menghindarkan Mobil Dari Penggunaan Di Cuaca Yang Terlalu Ekstrem

Salah satu cara merawat mobil agar tetap mengkilap lainnya adalah dengan memastikan bahwa mobil tidak terlalu sering digunakan pada cuaca yang sangat ekstrem. Misalnya saat matahari sedang sangat terik ataupun hujan deras. Kami tahu, point no 4 ini relatif sulit dilaksanakan karena bisa jadi kita membutuhkan mobil untuk perkara penting pada saat hujan deras atau cuaca terik. Maka menggunakan ojek online atau jasa rental mobil bisa juga menjadi solusinya.

5. Mencuci Mobil Secara Rutin

Anda juga disarankan untuk mencuci mobil dua kali dalam satu minggu. Apalagi jika mobil sering digunakan. Tujuannya adalah untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel di mobil dan menyebabkan kondisinya kotor dan kusam. Tentu pemilik mobil akan lebih puas dan bahagia bukan jika mobilnya bersih dan wangi?

Selain itu, anda juga dapat melapisi mobil dengan teknik waxing ataupun skotlet menggunakan jasa bengkel mobil. Salah satu bengkel mobil yang dapat dijadikan pilihan recommended untuk merawat mobil agar tetap mengkilap yaitu ennergimotorsport.com. Kami akan memberikan pelayanan terbaik dalam merawat mobil anda agar tetap terlihat bagus. Segera hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.