Mesin adalah komponen utama yang ada pada sebuah mobil. Merawat mesin tentunya sudah menjadi kewajiban sebagai pemilik mobil. Sehingga, merawat mesin juga sama saja dengan memperpanjang usia dari mobil Anda sendiri. Tidak perlu untuk terus membawa ke bengkel, Anda juga bisa melakukan perawatan sendiri di rumah. Dan berikut ini adalah 5 cara perawatan mobil yang paling penting dan bisa Anda lakukan :

1. Mengecek Starter Mobil

Yang pertama adalah Anda coba untuk menyalakan mobil Anda. Apabila mesin sulit untuk dihidupkan, kemungkinan ada kerusakan pada starter. Bisa jadi hal ini dikarenakan suplay bahan bakar maupun udara yang berkurang. Maka dari itu, Anda bisa mencoba memeriksa filter dengan cara mencabut filter kemudian membersihkannya dengan menggunakan kuas atau sikat gigi. Jika mesin masih susah untuk dihidupkan, segera bawa mobil Anda ke bengkel terdekat.

2. Mengganti Oli Secara Berkala

Perawatan mobil yang paling penting kedua adalah melakukan penggantian oli secara berkala. Normalnya, penggantian oli dilakukan pada jarak 3000 hingga 5000 kilometer. Penggantian oli ini tergantung dari jenis oli yang digunakan dan penggunaan oli ini juga mempengaruhi kondisi mesin mobil Anda. Sangat penting dilakukan penggantian oli, terutama jika mobil Anda sering dipakai terus menerus seperti untuk sewa mobil Jogja atau yang lainnya. Fungsi dari oli ini adalah menahan gesekan ketika mesin bekerja. Oli yang berkualitas juga bisa menjaga kondisi mobil tetap stabil dan optimal.

3. Merawat Aki Mobil

Aki mobil adalah komponen yang sangat penting dalam sebuah kendaraan. Maka dari itu, perawatan mobil yang paling penting adalah merawat serta menjaga aki agar awet dan tahan lama. Cara mudahnya adalah memastikan air aki ada pada level yang seharusnya, yaitu di antara garis batas penanda. Anda juga bisa melakukan pengecekan aki dengan cara lain, yaitu mengukur tegangan aki melalui voltmeter.

Ilustrasi Mesin Mobil, sumber ig thebragginwagon

Ilustrasi Mesin Mobil, sumber ig @thebragginwagon

4. Mengisi Penuh Bahan Bakar

Cara perawatan mobil yang paling penting keempat adalah mengisi penuh bahan bakar. Kebiasaan mengisi bahan bakar secara tidak penuh membuat kotoran dan kerak menempel pada bagian atas tangki bahan bakar. Tidak ada salahnya jika Anda mengisi tangki bahan bakar secara penuh agar kondisi bagian atas bersih serta terbebas dari kotoran serta kerak. Jika kerak pada tangki bahan bakar terbawa menuju saluran pembakaran, tentu hal ini akan sangat berbahaya. Disarankan juga untuk menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan rekomendasi. Biasanya pabrik akan merekomendasikan bahan bakar yang beroktan tinggi serta bebas dari timbal. Karena bahan bakar dengan kandungan timbal akan membuat terjadinya penyumbatan serta mesin akan gagal bekerja.

5. Melakukan Tune Up Secara Rutin

Perawatan mobil yang paling penting terakhir adalah melakukan tune up secara rutin di bengkel mobil terdekat. Melakukan tune up akan membuat mesin mobil menjadi tetap awet serta bekerja dengan optimal. Saat proses tune up, komponen vital dalam mesin mobil akan diperiksa secara menyeluruh. Dan saat terjadi kerusakan dan masalah, bengkel akan memperbaiki masalah Anda.

Demikian beberapa informasi tentang 5 perawatan mobil yang bisa Anda lakukan sendiri. Semoga informasi ini bermanfaat dan mudah untuk Anda praktikkan. Untuk perawatan mobil, silahkan hubungi bengkel mobil Jogja. Simak update informasi bengkel mobil Jogja lainnya. Jagalah keselamatan Anda dan patuhi rambu-rambu lalu lintas.