Memiliki mobil tentu merupakah hal yang sangat menyenangkan. Namun, hal-hal yang ada di masa depan tentu tidak dapat untuk diprediksikan. Tidak sedikit dimana anda akan menemukan suatu kondisi menjual mobil adalah hal yang harus direlakan, untuk membantu anda dalam menyelsaikan masalah yang sedang dihadapi. Namun terkadang harga jual mobil bekas terlampau murah, sehingga mobil seperti sayang jika harus di jual.

Namun seolah seperti hukum alam bahwa menjual sesuatu apapun, meskipun belum lama dibeli dalam kondisi baru, harus ‘legowo’ jika harus ditawar dengan harga rendah. Apalagi jika calon pembeli mengetahui jika anda benar-benar membutuhkan uang cash, mereka seolah-olah leluasa untuk menentukan harga jual.

Harga Jual Mobil Bekas
Kendaraan tua jika dirawat akan bernilai tinggi. Sumber Unsplash

Agar Harga Mobil Bekas Tetap Tinggi

Sebenarnya anda bisa mengatasi hal ini sebelumnya. Paling tidak anda bisa membandrol harga jual mobil bekas dengan harga tinggi yaitu dengan memperhatikan kondisi kendaraan sejak awal anda memilikinya. Untuk itu, penting bagi anda yang saat ini memiliki mobil, untuk memperhatiakan hal-hal yang dapat menjaga nilai jual mobil tetap tinggi, simak ulasan berikut ini :  

1. Merawat Kondisi Eksterior dan Interior 

Hal pertama yang menjadi nilai plus pada penilaian seseorang itu ialah penampilan. Penampilan akan menggambarakan seperti apa kepribadian yang melekat pada diri anda. Misalakan saat anda hadir dalam acara dalam keadaan bersih, sudah mandi, menggunakan wangi-wangian, dan menggunakan baju yang sesuai dengan tema acara maka bisa disimpulkan anda orang yang memiliki sifat kerapian. 

Begitu juga dengan mobil, penampilanlah yang akan menjadi daya tarik utama seseorang untuk melirik mobill anda. Jika mobil yang anda miliki tidak terawat, catnya kusam, body mobil berkarat tentu tidak ada yang akan meliriknya. 

Sebaliknya, jika penampilan mobil Anda baik, mulai dari eksterior maupun interior tentu akan membuat nilai plus dimata seseorang yang melihatnya. Oleh sebab itu, penampilan eksterior maupun interior merupakan faktor utama untuk menjaga nilai mobil tetap tinggi.

Karena itu jika anda menginginkan nilai jual mobil tetap tinggi, pastikan bawah anda selalu memperhatiakn setiap kondisi penampilan mobil dengan rutin melakukan pembersihan dan pencucian bagian eksterior dan interior. Untuk bagian eksterior yang sering dimodifikasi, sebaiknya anda tidak menjadikan bagian ini cacat karena aktifitas modifikasi.

Dengan begitu kondisi mobil anda akan selalu dalam kondisi terawat dan terlihat seperti mobil standar sejak dari dulunya. Disarankan juga untuk anda menggunkaan wax atau nano ceramic agar mendapatkan perlindungan yang ekstra untuk bodi mobil sehingga memiliki warna cat yang mengkilap. 

Untuk menjaga kondisi interior mobil, hindari merokok dalam mobil karena bau asap rokok yang susah untuk dihilangakan dan untuk menghindari resiko kerusakan jok mobil yang terkena sulutan rokok.  

2. Parkir Mobil di Tempat Aman 

Setelah melakukan perawatan yang rutin terhadap eksterior dan interior mobil, strategi menjaga nilai jual mobil agar tetap tinggi selanjutnya adalah dengan memperhatikan tempat parkir mobil. Ada apa dengan tempat parkir ? biasanya, gesekan anatar mobil sering terjadi di tempat parkir. 

Hindari memarkirkan mobil anda ditempat yang sempit, mengingat ada beberapa kendaraan yang memiliki pintu yang cukup panjang sehingga bisa saja merusak cat mobil Anda ketika mereka membuka pintunya. 

Jika anda memarkirkan mobil anda di tempat yang outdoor, pastikan tempatnya tidak panas, karena jika mobil sering terkena paparan sinar matahari, kemungkinan besar catnya akan mulai teroksidasi yang akan berakibat cat kusam dan pudar.  Sebisa mungkin mobil juga jangan ditempatkan di tempat yang terkena hujan,apalagi terkena hujan dalam jangka waktu lama. Kerusakan komponen mobil karena hujan dapat menjadikan harga jual kembali mobil bekas menjadi rendah.

3. Melakukan Service Secara Rutin

Melakukan service secara runtin merupakan salah satu strategi agar nilai jual mobil anda tetap tinggi. Melakukan service secara rutin akan berdampak pada performa mesin mobil anda. Semakin rutin anda melakukan service tentu perfroma mobil anda semakin dalam kondisi yang prima.  

Selain untuk menjaga harga mobil tetap tinggi, melakukan perawatan rutin juga akan membuat mobil anda lebih bagus kinerjanya. Salah satu jenis perawatan yang harus dilakukan rutin adalah mengganti oli. Selain itu untuk mengantisipasi harga jual mobil bekas ditawar rendah, sebelum menjualnya anda bisa melakukan tune up mobil.

Banyak di berbagai kota bengkel khusus tune up mobil. Jika anda berdomisili di Jogja, anda bisa datang ke bengkel tune up mobil Jogja yang sudah familiar di kalangan pecinta otomotif, salah satunya adalah Skinner AutoWork yang sudah berpengalaman dalam urusan tune up mobil dan perbaikan lainnya.

Jika anda menjual mobil bekas anda, ada beberapa cara yaitu dengan menawarkan melalui situs jual beli online dan bisa juga menjual ke dealer mobil bekas. Jika menjual ke dealer mobil bekas, mungkin mobil anda akan segera laku, tetapi bisa jadi harga yang disepakati akan lebih rendah dari ekspektasi. Tetapi jika anda menjual ke situs jual beli, bisa jadi harga yang anda dapatkan akan cukup tinggi karena akan bertemu pembeli langsung, namun anda harus sabar menunggu untuk mendapatkan pembeli dengan harga yang cocok.

Harga Jual Mobil Bekas
Mobil bekas citycar atau compact masih menjadi type mobil bekas yang diminati. Sumber Bukalapak

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan agar harga jual mobil bekas tetap tinggi. Jika anda memiliki mobil pribadi, maka rawatlah mobil milik anda dengan sebagus mungkin. Karena bisa jadi di waktu kedepan mobil anda akan anda jual. Agar tidak mengalami penurunan harga yang sangat tajam sebaiknya mobil dirawat dengan baik dari awal.