Tune up mobil berbeda dengan servis biasa. Meskipun kedua-duanya bisa digolongkan dalam perawatan mobil rutin, tetapi ada beberapa hal yang berbeda. Nah, perbedaan ini perlu diketahui oleh para pemilik kendaraan mobil. Agar mereka dapat memahami kendaran mereka sehingga kendaraan dapat terawat sehingga awet bertahan lama.

Istilah tune up jarang sekali digunakan dalam bahasa sehari-hari saat bertransaksi pada bengkel mobil. Apalagi bagi pengemudi yang awam dengan kendaraan yang hanya sekedar mengemudi tanpa bisa memperhatikan kondisi kendaraannya. Pengemudi yang awam ini biasanya langsung menyerahkan kepada bengkel tune up mobil Jogja apabila terdapat kendala pada kendaraannya. Padahal tidak semua kendala pada mobil berkaitan dengan tune up.

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan tune up dalam bahasa perbengkelan mobil ini? Jika kita memahami, maka kita akan dapat memastikan perawatan terbaik bagi kendaraan mobil kita. Simak beberapa informasi terkait tune up mobil berikut ini.

Tune up mobil

Tune up sebenarnya lebih kepada standarisasi performa kendaraan. Menurut spesifikasi kendaraan masing-masing, terdapat patokan yang menjadi angka performa kendaraan. Semakin sering dipakai dan semakin lama digunakan, performa kendaraan akan menurun dibandingkan dengan saat pertama kali dipakai. Karenanya, untuk mengembalikan agar performa kendaraan kembali standar, dilakukan aktivitas tune up mobil.

Berbeda dengan servis rutin. Servis rutin mobil adalah layanan yang diperlukan tanpa memerlukan standar performa kendaraan. Servis rutin dilakukan terus menerus agar performa kendaraan tetap terjaga atau untuk mengantisipasi kerusakan yang berpeluan terjadi pada mobil. Sehingga dalam urusan servis ini, pemilik kendaraan mobil memang perlu ke bengkel mobil Jogja dalam 1x dalam sebulan misalnya.

Filter Udara Pada Mobil, sumber : Seva.id
Filter Udara Pada Mobil, sumber : Seva.id

Nah, seringkali kita merasakan saat berkendara bahwa kecepatan mobil berkurang, suara kendaraan mulai kasar serta berbagai kendala lainnya terkait performa. Meskipun belum waktunya servis rutin, namun menurut kondisi ini Anda perlu segera memeriksakan kendaraan dan meminta bengkel tune up Jogja untuk melakukan tune up mobil. Biasanya, apa saja diantara komponen mobil yang perlu di tune up?

1. Filter Udara

Pertama kali yang dibersihkan adalah filter udara. Apabila sudah terlalu kotor karena pemakaian yang lama sehingga sudah terlihat tidak layak, biasanya pihak bengkel akan menyarankan untuk mengganti filter udara ini dengan yang baru. Meskipun ringan, namun filter udara yang kotor dapat berdampak besar pada mesin apabila terjadi kerusakan.

2. Karburator dan Throttle Body

Pemeriksaan karburator dilakukan pada mobil non injeksi. Setelah dilakukan pemeriksaan karburator, RPM mobil akan disetel ulang. Sedangkan pada mobil injeksi, pemeriksaan hanya dilakukan pada throttle body. Apabila diperlukan tindakan seperti pembersihan, maka carbu cleaner akan digunakan.

3. Tutup Distributor, Busi dan Kabel Busi

Perbaikan di beberapa bagian ini dilakukan secara berurutan, untuk menghemat waktu. Pemeriksaan tutup ditributor sebaiknya jangan dilakukan setelah mesin dihidupkan.

Pada bagian ini, periksa juga kabel busi apabila terkelupas atau rusak. Nyala api busi sangat dipengaruhi oleh kondisi kabel-kabel businya.

Langkah selanjutnya yaitu buka busi untuk memeriksa elektroda, yang meliputi kebersihan dan celah elektrodanya. Elektroda yang kotor harus diampelas dengan ampelas besi, lalu setel ulang celah elektroda sesuai standar pabrikan. danya kotoran pada kedua elektroda busi bisa mengakibatkan terhalangnya jalan loncatan bunga api listrik.

4. Celah Katup

Pemeriksaan celah katup dilakukan pada mobil yang memiliki sistem katup konvensional. Pada mobil tipe ini, celah katup akan disetel sehingga kembali pada posisi standar. Kesalahan dalam penyetelan posisi celah katup dapat mengakibatkan mobil menjadi berisik dan tenaga berkurang. Selain itu, terjadi kebocoran pada kompresi juga bisa saja terjadi.

Untuk mobil-mobil modern celah katup tidak perlu diperiksa. Hal ini dikarenakan adanya sistem HLA (Hydraulic Lash Adjuster). Dengan sistem ini celah katup akan diatur secara otomatis berkat tekanan oli mesin.

Tune Up Mobil, sumber : Futuready
Tune Up Mobil, sumber : Futuready

5. Aki

Air aki harus cukup, yakni ketinggiannya antara garis batas atas (upper level) dan garis batas bawah (lower level). Jika air aki jumlahnya kurang, tambahkan dengan air aki secukupnya. Ketinggian air aki pada prinsipnya adalah merendam seluruh sel-sel accu sekurang-kurangnya 1 cm di atas sel-sel aki tersebut.

Jika mobil menggunakan aki kering, perawatannya menjadi lebih mudah karena tidak memerlukan air aki yang bisa berkurang karena penguapan. Kutub-kutub aki juga harus bersih, tidak kotor oleh jamur atau sejenisnya. Namun, harga aki kering lebih mahal sehingga masih banyak mobil yang menggunakan aki basah.

Air aki yang kurang (di bawah standar) berakibat reaksi pada aki tidak maksimal, sehingga arus yang dihasilkannya tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan listrik pada mobil. Bersihkan juga kutub-kutub aki dari jamur dan karat. Jamur pada kutub-kutub aki bisa dibersihkan dengan air hangat, sedangkan karat yang mengotori kutub-kutub aki harus dibersihkan dengan ampelas.

Bagian klem atau penjepit kabel accu dengan kutub- kutubnya juga harus diperiksa. Jika klem kendor, mesin akan mati karena busi tidak mengalirkan bunga api.

6. Berbagai Cairan Fluida

Cairan-cairan yang ada di mobilpun tidak dikosongkan dari proses tune up. Contohnya seperti oli mesin, oli transmisi, minyak rem, oli power steering, dan oli gardan. Sehingga montir tune up mobil perlu memperhatikan berbagai cairan fluida yang dibutuhkan oleh kendaraan mobil.

Paket Service dan Tune Up Mobil Jogja

Sebagai salah satu bengkel perawatan mobil di Jogja, kami memiliki banyak jenis perawatan mobil yang bisa Anda pilih. Harga yang kami tawarkan cocok dengan kualitas hasil yang diberikan. Silahkan simak detail tarif harga perawatan dan tune up mobil Jogja di tempat kami, bengkel mobil jogja Ennergi Motorsport.

A. Paket Service dan Perawatan Mobil

  • Tune Up Standard : Rp 150.000,-
  • Tune Up + Injector Cleaner NP : Rp 210.000,-
  • Tune Up + Carbon Cleaner Foam NP : Rp 235.000,-
  • Tune Up + Carbon Cleaner Liquid NP : Rp 360.000,-
  • Tune Up + Injector Cleaner + CCL NP : Rp 415.000,-
  • Tune Up + CCF + CCL NP : Rp 440.000,-
  • Tune Up + Triple Carbon Cleaner NP : Rp 500.000,-
  • Cek Rem 4 Roda : Rp 100.000,-
  • Cek Kaki-kaki 4 Roda : Rp 150.000,-
  • Scan Engine : Rp 150.000,-

B. Super Paket Gasoline

  • Tune Up
  • Cek Rem 4 Roda
  • Cek Kaki-kaki 4 Roda
  • Perawatan Ruang Bakar Mesin (CCL)
  • Cek Radiator
  • Perawatan Intake System (CCF)
  • Cek Alternator
  • Injector / Nozzle Cleaner (FSCc)
  • Cek Wiper Sistem

Seluruh paket perawatan paket gasoline diatas bisa Anda dapatkan dengan tarif ekonomis hanya dengan Rp 595.000,- saja.

C. Super Paket Diesel

  • Tune Up
  • Cek Rem 4 Roda
  • Cek Kaki-kaki 4 Roda
  • Perawatan Ruang Bakar Mesin dan Intake System (CCL)
  • Injector / Nozzle Cleaner (FSCc)
  • Cek Wiper Sistem

Seluruh paket perawatan paket diesel diatas bisa Anda dapatkan dengan tarif ekonomis hanya dengan Rp 425.000,- saja.

Aplikasi Carbon Cleaner dan Injector Cleaner NP Racing Aman, Langsung Terasa Efeknya dan Minim Pembongkaran

D. Paket Tune Up Plus 1

  • Tune Up Standar
  • Injector Cleaner
  • Cek Rem 4 roda

Seluruh paket perawatan paket Tune Up Plus 1 diatas bisa Anda dapatkan dengan tarif ekonomis hanya dengan Rp 300.000,- saja.

E. Paket Tune Up Plus 2

  • Tune Up Standar
  • Kuras Radiator
  • NP Racing
  • Radiator Treatment

Seluruh paket perawatan paket Tune Up Plus 2 diatas bisa Anda dapatkan dengan tarif ekonomis hanya dengan Rp 380.000,- saja.

Silahkan konsultasi lebih lanjut via WA dengan klik icon dibawah ini

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. Sehingga Anda dapat memahami kebutuhan kendaraan mobil Anda dengan baik. Simak berbagai ulasan menarik seputar bengkel dan perawatan mobil lainnya di ennergimotorsport.com.