Mengendarai mobil pasti mengharuskan untuk melakukan perawatan dan keperluan lainnya. Sehingga agar mobil tetap terjaga dan terawat Anda pasti memerlukan pembiayaan. Perawatan mobil memerlukan pembiayaan yang lumayan jika ketika waktunya di servis mobil selalu dalam kondisi yang rusak. Untuk itu, perlu dilakukan beberapa treatment agar ketika waktunya perawatan rutin mobil, pembiayaan menjadi lebih hemat. Tentu saja ada cara perawatan mobil agar hemat pembiayaan.

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk memperpanjang umur mobil Anda. Tentunya selain memastikan Anda mengendarai kendaraan tersebut secara aman. Jika Anda merawat mobil Anda dengan benar, Anda akan jauh lebih kecil untuk mendapatkan tagihan perbaikan dimasa yang akan datang. Dengan mengetahui bagaimana perawatan mobil yang harus diperhatikan, tentunya Anda akan menghemat uang Anda. Nah, berikut cara perawatan mobil supaya Anda lebih hemat dalam pembiayaan.

Perawatan Mobil Agar Hemat Pembiayaan

Untuk Anda yang khawatir akibat mahalnya pembiayaan kendaraan mobil Anda, berikut ini terdapat beberapa cara yang bisa Anda praktikkan untuk menghemat pembiayaan mobil Anda :

1. Interval Dalam Penggantian Oli

Salah satu mitos terbesar dalam perawatan mobil yang harus diperhatikannya itu seberapa sering mengganti oli. Selama bertahun-tahun mekanik mobil selalu merekomendasikan penggantian oli setiap 3.000 mil. Bahkan karena teknologi yang modern, produsen merekomendasikan penggantian oli antara 7.500 hingga 10.000 mil. Meskipun begitu, Anda tetap harus mengetahui kondisi mobil Anda.

Ilustrasi Menghemat Pembiayaan Perawatan Mobil, sumber ig picbymi

Ilustrasi Menghemat Pembiayaan Perawatan Mobil, sumber ig @picbymi

2. Melakukan Pemeriksaan Rem Rutin

Jika Anda mengendarai kendaraan dengan lalu lintas atau memasang banyak mil di kendaraan Anda setiap tahun, ada baiknya mengetahui kapan rem Anda akan memerlukan pemeriksaan. Awasi tanda-tanda khusus agar rem perlu diperiksa seperti : Suara menjerit bernada tinggi saat mengerem, getaran roda kemudi saat melambat atau berhenti dan logam pada suara penggilingan logam.

3. Melakukan Perawatan Ban Yang Tepat

Menjaga ban dalam bentuk sebaik mungkin dapat menghemat uang Anda dan mencegah situasi mengemudi yang berbahaya. Ban yang terlalu kempes akan menurunkan efisiensi bahan bakar dan meningkatkan risiko kerusakan. Pertimbangkan untuk memeriksa ban Anda setidaknya sebulan sekali. Gunakan panduan pemilik Anda untuk menemukan PSI yang maksimal. Bahkan Anda juga perlu memutar ban Anda untuk menjaga efisiensi bahan bakar dan mencegah keausan dan kerusakan yang tidak teratur.

4. Gantilah Bilah Penghapus

Wiper yang retak atau melengkung tidak akan berfungsi dengan efektif dan dapat menghalangi fibilitas. Gantilah apabila mengalami kerusakan terlebih jika melewati cuaca yang drastis.

5. Mengganti Beberapa Bagian Khusus

Dengan mengambil langkah untuk memeriksa bagian-bagian tertentu se lainnya seperti penyaring udara, selang atau ikat pinggang. Penyaring udara harus diperiksa selama penggantian oli biasa. Jika Anda mengendarai banyak lalu lintas, tinggal di daerah berangin atau berdebu,atau bahkan bepergian melalui banyak konstruksi, periksa filter udara lebih sering. Pada selang dan ikat pinggang pun bisa aus dengan perubahan cuaca yang drastis atau jarak tempuh yang tinggi.

6. Perbaiki Torehan Dan Goresan Dengan Cepat

Terkadang dalam berkendara Anda tidak sengaja menyerempet sesuatu atau bahkan berbenturan dengan sebuah benda. Jika mengalami hal tersebut, segera perbaiki torehan atau goresan yang ada. Semakin lama Anda meninggalkan mereka, semakin besar akan terbentuknya karat.

Jika Anda perlu solusi untuk kendaraan atau mobil kesayangan Anda, silahkan kunjungi ennergimotorsport.com. Anda akan mengetahui secara jelas mengenai perawatan mobil yang harus diperhatikan. Jika memang diperlukan adanya pemeriksaan, Anda dapat menjadwalkan layanan untuk service kendaraan Anda.