Ennergi Motorsport – Sebenarnya masih banyak orang yang bingung kapan jadwal ganti oli mobil yang tepat. Jadwal untuk mengganti oli mobil ini beragam dan dipengaruhi beberapa faktor. Salah satu faktor tersebut adalah situasi lalu lintas yang dihadapi mobil tersebut. Jadwal ganti oli mobil ini tidak boleh dianggap secara sepele. Jika waktunya sudah tiba namun masih menunda untuk mengganti oli, maka kualitas oli semakin lama akan terus menurun. Menunda penggantian oli juga akan berpengaruh pada mesin yang bisa rusak. Untuk itu, Anda harus mengerti berbagai tips untuk mengganti oli.

Tips Mengganti Oli Mobil

Setiap membeli mobil baru, tentu saja selalu disertakan dengan buku manual mobil. Pada umumnya, jadwal ganti oli mobil disarankan saat mencapai 10 ribu kilometer. Namun, banyak bengkel menyarankan setiap 10 ribu kilometer. Banyak juga bengkel yang menyarankan untuk ganti oli setiap 5 ribu kilometer. Karena kondisi jalanan yang tidak normal, sehingga jarak tempuh mobil menjadi sangat kecil. Solusinya adalah menggunakan tanggal dan kilometer pada catatan servis sebagai patokan. Jika jadwal ganti oli sudah tercapai, ada baiknya untuk melakukan penggantian oli mobil.

Ilustrasi oli mobil sumber wikipedia

Ilustrasi oli mobil sumber wikipedia

Tidak jarang juga catatan servis terakhir bisa hilang. Bagi yang membeli mobil bekas, kadang-kadang catatan servis tidak disertakan. Lantas, bagaimana caranya untuk mengetahui cara untuk mengganti oli? Untuk memastikan, cek kualitas oli mesin mobil. Apabila oli mobil sudah berubah warna, maka oli harus diganti segera mungkin. Jika saat mengecek, oli berwarna hitam dan berbau tengik sebaiknya untuk mengganti oli. Dalam suatu kondisi, oli bisa berubah menjadi warna putih susu dengan kekentalan yang cukup pekat. Ini tandanya cairan telah terkontaminasi oleh air. Perubahan warna oli ini disebabkan oleh kondisi mesin yang bermasalah.

Kualitas oli bisa mengalami penurunan karena lupa untuk mengganti filter oli. Kotoran yang mengendap lama-lama akan menumpuk sehingga oli tidak bisa bersirkulasi dengan baik. Disarankan untuk mengganti filter setelah dua kali mengganti oli. Jika mobil digunakan setiap hari dan ditempuh lebih dari 20 kilometer, maka filter oli diganti sekitar 8 bulan sekali. Penggantian bisa lebih cepat untuk kendaraan yang sering dipakai semisal mobil yang dipakai untuk jasa sewa mobil atau taxi online.

Jadwal Ganti Oli

Jadwal Ganti Oli mobil ini tentu saja berbeda pada setiap mobil dengan kondisi yang berbeda. Untuk mobil yang menggunakan kandungan campuran mineral lebih, sebaiknya ganti oli setiap 5.000 kilometer. Namun jika menggunakan oli dengan kandungan full sintetik, tidak masalah jika mengganti setiap 10.000 kilometer. Sebab oli mesin yang telat diganti akan mengakibatkan rusaknya mesin mobil dan menurunkan performa mesin kendaraan. Namun jika mobil yang dikendarai sering bertemu dengan macet, diharuskan untuk mengganti oli setiap 5.000 kilometer. Bisa juga untuk memeriksa kondisi oli serta memperhatikan performa mesin. Karena kondisi jalan yang macet dapat membuat mesin terus bekerja hingga mengalami overheat.

Oli mobil yang berkualitas, sumber instagram

Oli mobil yang berkualitas, sumber instagram

Nah, sudah tahu kan tips mengganti oli mobil beserta jadwal ganti oli mobil yang tepat? Semoga dengan bertambahnya pengetahuan kita dalam merawat mobil, semakin awet dan bagus kondisi mobil kita. Jika memerlukan penggantian oli mobil secara rutin untuk area Jogja dan sekitarnya. Tak perlu sungkan untuk menghubungi kami. Ennergi Motorsport sebagai salah satu bengkel mobil Jogja siap sedia menangani permasalahan mobil Anda. Terimakasih.