Hujan merupakan anugerah dari Yang Maha Kuasa. Namun jika anda tidak bijak dalam menyikapinya akan menjadi malapetaka ataupun kerusakan. Kerusakan paling ringan mungkin adalah karat yang disebabkan material air hujan, namun karat ini akan menjalar menjadi kerusakan yng parah jika dibiarkan terutama pada kendaraan anda. Maka tidak jarang kerusakan komponen mobil karena hujan akan terjadi.

Jika komponen tersebut rusak maka kemungkinan kinerja mobil tidak akan maksimal. Atau kemungkinan lain yang lebih buruk adalah sisi keamanan dalam berkendara akan berkurang. Karena itu anda harus waspada pada setiap kerusakan yang terjadi pada komponen mobil anda.

Kerusakan Komponen Mobil Karena Hujan
Mobil harus dibersihkan setelah kehujanan. Sumber Unsplash

Komponen Mobil Yang Rentan Rusak Karena Hujan

Ada beberapa komponen mobil yang rentan rusak karena kehujanan. Karena itulah setiap musim penghukan, anda perlu memperhatikan kondisi mobil. Inilah komponen mobil yang rentan rusak karena kehujanan.

1. Rem Mobil

Jika dibiarkan terkena air hujan terus menerus, apalagi sering menerjang genangan maka bisa dimungknkan kampas rem dan cakram mudah berkurang performanya karena perubahan material akibat kontaminasi air hujan. Air hujan membawa material yang bersifat korosif, karena itu kampas atau cakram yang terkena air hujan akan berkarat atau permukaannya akan berubah sifat karena reaksi dengan air hujan.

Jika ini tidak diperhatikan maka akan sangat mengganggu kenyamanan anda dalam melakukan perjalanan menggunakan mobil. Rem mobil tidak akan sepakem ketika sebelum terkena air hujan. Karena itu sebaiknya hal ini diperhatikan.

2. Lampu

Lampu depan yang terkena air hujan atau cipratan lumpur dan anda biarkan sampai kering tanpa membersihkannya akan menyebabkan kusam pada lampu. Sisa air hujan maupun cipratan kotoran jalanan akan merusak lampu depan. Akibatnya sorot lampu akan berkurang saat mengemudi malam hari. Selain itu tampilan lampu yang kusam akan mengganggu pandangan.

Solusinya, anda bisa menggantinya dengan yang baru sehingga lampu akan terlihat lebih kinclong, atau bisa juga dengan menggantinya dengan lampu modifikasi karena lampu depan mobil merupakan bagian eksterior mobil yang sering dimodifikasi.

3. Cat dan Kaca

Cat dan kaca mobil juga akan mudah rusak jika terkena air hujan. Karena kandungan mineral dan asam yang cukup tinggi bisa berakibat fatal bagi cat dan kaca mobil. Kerusakan yang biasanya terjadi pada cat mobil mulai munculnya water spot yang lama kelamaan akan merusak cat dan sulit dihilangkan.

Air hujan yang biasanya membawa kotoran seperti pasir halus yang menempel pada permukaan cat bisa membuat permukaan cat menjadi baret halus atau swirl. Pasir halus yang menempel pada cat mobil bila tidak dibersihkan segera bisa menempel dan mengeras dipermukaan cat.

4. Knalpot

Bagian ukung knalpot yang sering terkena percikan air hujan pada saat melintasi genangan dan tidak dibersihkan akan mengakibatkan knalpot mobil akan mudah keropos karena karat. Meskipun keropos akan dimulai darin ujung, namun kan mudah menjalar ke bagian dalam dan pangkal knalpot yang dekat dengan mesin. Jika kerusakannya sudah menyebar dan terlanjur parah, tentu akan menimbulkan pemborosan biaya servis mobil.

5. Roda dan Kaki kaki

Kaki-kaki, balljoint, swing arm, pelek dan komponen roda lainnya yang jadi bagian terbawah mobil saat mobil menerabas genangan dan permukaan jalan basah jadi area yang rentan terkena korosi. Kotoran seperti tanah kerikil yang bercampur air hujan banyak bersarang di tempat itu. Karena itu sebelum menimbulkan kerusakan yang parah segera di bersihkan.

Mencegah Kerusakan Komponen Mobil Karena Hujan

Untuk menghindari hal yang merusak tersebut sebenarnya cukup mudah. Hanya dibutuhkan kemauan dan konsisten melakukannya. Inilah cara pencegahannya.

1. Mencuci dan Membersihkan Mobil

Anda bisa mencuci mobil dan membersihkannya pada bagian bagian yang rentan terjadi kerusakan tersebut setelah mobil kehujanan. Jika anda malas melakukannya anda bisa mempercayakannya kepada salon mobil atau jasa cuci mobil. Dengan membayar sejumlah uang, mobil anda akan beres dan bersih terbebas dari kotoran yang dapat merusak.

2. Menempatkan Mobil di Tempat Terlindung Dari Hujan

Kendala dari orang yang membeli mobil adalah tempat untuk memarkirkannya. Jika di tempatkan di sembarang tempat dan tidak terlindung dari air hujan, maka mobil akan kehujanan terus-terusan. Tentu hal ini akan berakibat buruk pada kondisi mobil anda. Kerusakan komponen mobil karena hujan akan terjadi.

Kerusakan Komponen Mobil Karena Hujan
Partikel air hujan mampu membuat korosi pada logam. Sumber Unsplash

3. Memberikan PerlindunganTambahan Pada Mobil

Cara lain untuk mencegah kerusakan komponen mobil krena hujan dapat dilakukan dengan cara memberikan perlindungan tambahan pada mobil. Hal ini hanya berlaku pada kaca dan cat mobil. Pada kaca anda bisa menambahkan lapisan film. Untuk cat mobil, anda bisa menambahkan nano ceramic coating yang menggunakan teknologi nano sehingga mampu memberikan perlindungan ekstra.

Itulah ulasan mengenai kerusakan komponen mobil karena hujan. Anda bisa mempercayakan perawatan dan juga perbaikan mobil pada bengkel tune up mobil Jogja Ennergy Motorsport yang berpengalaman dalam memperbaiki mobil dengan segala kerusakan.