Memiliki mobil merupakan hal yang membanggakan bukan? Untuk itu, merawat pun juga merupakan hal yang sangat penting. Memang merawat mobil itu gampang-gampang susah. Tetapi kebanyakan pengguna mobil itu menggampangkan dalam perawatan mobil. Apalagi bagi Anda yang memiliki waktu longgar untuk merawat mobil. Untuk itu, Anda jangan sampai menjadi orang yang menggampangkan dalam perawatan mobil. Karena hal ini akan berakibat buruk pada mobil Anda sendiri. Memang beberapa kesalahan dalam merawat mobil terjadi tanpa Anda sadari. Sehingga Anda tidak mengetahui benar atau salah dalam merawat mobil. Agar Anda mengetahui apa saja kesalahan dalam merawat mobil, simaklah artikel berikut ini :

1. Mencuci Mobil Menggunakan Deterjen

Mencuci mobil menggunakan deterjen memang menjadikan bodi mobil akan kilat dan bersih. Tetapi perlu Anda ketahui dibalik kelebihan deterjen ini terdapat dampak yang buruk untuk mobil. Beberapa bahan yang terdapat di deterjen akan merusak warna eksterior mobil Anda. Dan lama kelamaan warna mobil Anda akan memudar. Tentu saja Anda tidak mau jika hal ini terjadi bukan? Oleh karena itu segera tinggalkan hal ini apabila melakukan perawatan mobil.

2. Membersihkan Kaca Mobil Belakang Menggunakan Pembersih Kaca

Untuk membersihkan kaca mobil belakang menggunakan pembersih kaca memang hal yang sederhana dan kaca akan berkilat. Tetapi perlu Anda ketahui bahwa cara tersebut salah. Karena pembersih tersebut akan merusak komponen kabel pemanas defogger kaca mobil bagian belakang atau antenna. Solusinya, bersihkanlah kaca mobil bagian belakang Anda dengan menggunakan kain lembab. Kemudian kain tersebut basahi dengan air hangat dan usapkan secara perlahan kaca bagian belakang sampai bersih.

3. Membersihkan Embun Pada Kaca Mobil Menggunakan Tangan Atau Lap

Volkswagen, sumber ig car.sales.academy

Volkswagen, sumber ig @car.sales.academy

Perlu Anda ketahui bahwa membersihkan embun pada kaca mobil dengan tangan atau lap adalah salah. Sebagian orang tidak mengetahui akan hal ini. Oleh karena itu, bagi Anda yang masih sering melakukan hal ini, segera hindari. Dan bergantilah cara pembersihannya. Caranya hanya menghidupkan AC mobil ketika terdapat embun di kaca mobil. Entah itu embun di pagi hari maupun terjadi hujan.

4. Menghidupkan Mesin Di Pagi Hari Dengan Menginjak Gas

Menghidupkan mesin di pagi hari dengan menginjak gas merupakan perawatan mobil yang salah. Bagi Anda yang masih sering melakukan cara ini, perlu diketahui bahwa hal ini berdampak buruk pada mobil Anda. Karena mesin yang baru saja dihidupkan belum seluruhnya dilumasi oleh bahan bakar.

5. Mencuci Lantai Kabin Menggunakan Air

Air yang digunakan untuk mencuci kabin mobil akan menimbulkan kerusakan pada mobil Anda. Sistem audio merupakan salah satu bagian mobil yang sensitif. Apabila komponen listrik terkena air, sistem audio pun akan rusak. Selain itu, perlu Anda ketahui kerusakan yang parah terjadi pada mobil ketika menggunakan cara ini adalah berkarat. Berkaratnya bodi mobil pasti menjadi masalah besar buat Anda. Oleh karena itu, untuk mencuci lantai kabin gunakanlah kain lap yang lembab.

Itulah beberapa kesalahan dalam merawat mobil yang perlu dihindari. Semoga bisa membantu Anda dalam perawatan mobil maupun menjaganya. Untuk mengetahui kesalahan-kesalahan lain yang harus dihindari, Anda bisa buka link ennergimotorsport.com. Link tersebut bisa memudahkan Anda dalam mencari informasi mengenai perawatan mobil yang baik dan yang lainnya.