Merawat mobil tidak hanya tentang mesin dan komponen-komponen yang mendukung performa mobil. Penampilan interior dan eksterior juga tentu butuh perhatian agar mobil tetap terlihat bersih dan kinclong.

Sebenarnya, perawatan mobil bisa dilakukan sendiri di rumah. Namun, banyak juga pemilik mobil yang membawa mobil mereka ke salon mobil agar mendapatkan layanan salon mobil dengan hasil perawatan yang maksimal.

Jadi, bukan hanya manusia saja yang butuh perawatan ke salon, mobil juga butuh perawatan ke salon. Terlebih bagi Anda yang menginginkan mobil Anda memiliki tampilan yang kinclong dan wangi di eksterior hingga bagian interior. 

Ada beberapa layanan salon mobil yang ditawarkan untuk konsumennya, seperti cleaning dan detailing. Beberapa salon mobil menawarkan jasanya di internet dan anda bisa mencari informasi tentang salon mobil di internet. Saat ini penggunaan website untuk marketing bengkel mobil sudah umum dilakukan oleh bengkel dan salon mobil profesional.

Namun, untuk lebih jelasnya Anda bisa simak ulasan berikut ini.

Layanan Salon Mobil
Aktifitas salon mobil. Sumber Unsplash

1. Cleaning

Layanan pertama yang pasti tersedia di salon mobil adalah cleaning. Layanan ini meliputi seluruh bagian mobil, mulai dari eksterior, interior, hingga bagian mesin. Ada berbagai teknik cleaning yang dipakai oleh salon mobil, mulai dari cuci mobil biasa, snow washdry wash, dan lain-lain.

Khusus untuk cuci mesin atau engine cleaning, jangan lakukan di sembarang tempat karena sangat sensitif. Jika air sampai masuk ke ruang udara, otomatis air juga akan sampai ke ruang bakar yang nantinya dapat menimbulkan masalah pada mesin.

2. Detailing

Detailing adalah teknik perawatan mobil untuk mempercantik tampilan kendaraan. Teknik yang digunakan biasanya adalah polish atau poles (polish) dan waxing. Poles bertujuan untuk menghilangkan permukaan yang kusam pada cat mobil.

Proses pengerjaannya lebih kepada perawatan mobil agar tidak kusam dengan cara mengikis lapisan cat. Untuk itu, jangan memoles mobil terlalu sering karena akan membuat cat mobil Anda semakin tipis.

3. Waxing

Waxing merupakan perawatan dan perlindungan pada cat mobil. Layanan ini akan menjaga permukaan cat mobil Anda dari jamur atau waterspots, noda, baret-baret halus, dan lain-lain. Cara kerja waxing adalah dengan memberikan wax sebagai proteksi terhadap cat mobil.

Wax akan menjadikan warna cat mobil semakin cerah serta berkilau. Biasanya, salon mobil professional akan menggunakan mesin yang bergerak memutar untuk menggosokkan wax ke bodi mobil. Wax memiliki kemampuan melindungi mobil dari paparan sinar matahari.

4. Coating

Apabila mobil membutuhkan perlindungan lebih setelah dipoles dan waxing, Anda dapat menggunakan layanan coating. Ada dua jenis coating yang biasanya dipakai oleh pemilik mobil, yaitu nano coating dan ceramic coating.

Nano coating merupakan cara untuk melapisi body mobil dengan cairan berkandungan khusus yang berukuran nano. Cairan ini akan menjaga cat mobil Anda dari oksidasi dan paparan kimia lainnya.

Di sisi lain, jenis lainnya yaitu ceramic coating. Cara ini akan memberikan perlindungan lebih dengan cara melapisi permukaan cat mobil menggunakan cairan berkandungan keramik khusus.

Ceramic coating dianggap memberikan proteksi lebih baik pada cat mobil ketimbang nano coating. Selain memberikan proteksi kepada cat mobil, ceramic coating juga akan mempermudah aliran air hujan yang membasahi mobil Anda, layaknya air di daun talas.

5. Fogging

Fogging sangat cocok digunakan untuk merawat interior mobil agar kabin mennjadi wangi dan segar. Sebelum di-fogging, mobil akan dibersihkan terlebih dahulu agar kotoran tidak tercampur saat dilakukan fogging.

Setelah dibersihkan, mobil harus dinyalakan karena fogging membutuhkan AC dan hembusan angin dalam pengerjaannya, supaya ada sirkulasi udara. Teknik ini sangat berguna untuk membunuh bakteri yang terdapat di dalam kabin mobil Anda.

6. Fumigator

Setelah di-fogging, salon mobil biasanya juga akan menawarkan layanan fumigator. Ini berguna untuk membasmi serangga yang bersembunyi di dalam kabin mobil Anda.

Waktu pengerjaannya, layanan fogging dan fumigator membutuhkan waktu sekitar 30 menit atau setengah jam dan dapat bertahan hingga tiga minggu atau sebulan. Tergantung pemakaina mobil Anda. 

Layanan Salon Mobil
Penampilan mobil harus diperhatikan agar terkesan lebih bersih perlu ke salon mobil. Sumber Unsplash

Demikian ulasan mengenai layanan salon mobil yang patut Anda coba. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mencoba layanan salon mobil tersebut? Tetapi ingat, jangan lupa, pilihlah salon mobil yang terpercaya agar Anda mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.