Bagi Anda yang ingin membeli mobil baru, tentu saja selalu disertakan dengan buku manual mobil. Karena umumnya, jadwal ganti oli disarankan saat mencapai 10 ribu kilometer di setiap perjalanan Anda. Namun, kenyataannya memang banyak bengkel yang menyarankan setiap 10 ribu kilometer untuk ganti oli. Maka solusinya adalah dengan menggunakan tanggal dan kilometer pada catatan servis sebagai patokan. Namun jika mobil Anda jarang dipakai mungkin akan muncul pertanyaan di pikiran Anda seperti mobil jarang dipakai kapan ganti oli? Maka ada baiknya Anda mengetahui masalah tersebut di ennergimotorsport.com. Atau dengan melihat beberapa penjelasan di bawah ini. Maka simaklah beberapa penjelasan di bawah ini dengan seksama.

Jadwal Ganti Oli Untuk Mobil Anda

Disarankan untuk Anda yang ingin mengganti filter maka setelah dua kali mengganti oli. Jika mobil digunakan setiap hari, maka filter oli diganti sekitar 8 bulan sekali. Maka untuk mengetahui lebih lanjut, inilah jadwal ganti oli yang harus Anda tahu.

1. Mobil Dengan Kandungan Campuran Mineral Lebih

Sebaiknya ganti oli setiap 5.000 kilometer, jika ada pertanyaan mobil jarang dipakai kapan ganti oli? Maka jawabnya dengan sering cek seberapa jauh sudah memakai mobilnya, apakah sudah sampai di 5.000 kilometer. Jika memang sudah mencapai jarak yang sesuai maka juga diseimbangkan dengan penggunaan oli untuk mobil Anda.

2. Mobil Dengan Kandungan Full Sintetik

Namun jika Anda menggunakan oli dengan kandungan full sintetik, bisa mengganti setiap 10.000 kilometer. Karena jika oli mesin yang telat diganti akan mengakibatkan rusaknya mesin mobil dengan segera. Dan bahkan untuk menurunkan performa mesin kendaraan juga lebih cepat. Ini akan menjadi lebih penting lagi jika mobil Anda jarang digunakan lagi.

3. Mobil Yang Sering Terkena Macet

Yang penting dalam mobil yang sering macet, diharuskan untuk mengganti oli setiap 5.000 kilometer. Bisa juga dengan Anda memeriksa kondisi oli serta memperhatikan performa mesin setiap kali. Maka ini sangat perlu diperhatikan lagi, sehingga tidak akan muncul pertanyaan mobil jarang dipakai kapan ganti oli. Lihatlah bagaimana kinerja mobil Anda, dipakai berapa kali dalam seminggu. Dan ukur jarak yang telah ditempuh oleh mobil Anda.

4. Mobil Yang Dirasa Kurang Nyaman

Mobil Antik, sumber ig antique.automobiles

Mobil Antik, sumber ig @antique.automobiles

Selain itu untuk mobil yang kurang nyaman, jika dirasa tarikan mesin sudah agak berat, atau getaran mesin terasa lebih kasar. Maka tidak ada salahnya Anda memeriksa kondisi oli mesin. Dan bisa segera menggantinya apabila diperlukan. Anda bisa mengganti oli setiap 2.500 – 3.000 km sesuai dengan cc mobil Anda. Disarankan bisa mengganti filter oli mobil setiap 2-3 kali ganti oli agar oli mesin dapat bekerja secara maksimal.

5. Mobil Yang Bermuatan Tinggi

Anda pengguna mobil pick up? maka ini menjadi perhatian khusus. Anda bisa mengganti oli dengan lebih sering daripada mobil yang biasa muatannya. Karena memang berapa muatan dari mobil akan mempengaruhi keadaan mesin mobil. Kendaraan lain seperti truck dan bus wisata juga akan lebih sering ganti oli karena frekuensi pemakaian yang sering.

Dengan sedikit penjelasan diatas diharapkan Anda akan mengetahui seberapa kali mengganti oli dalam seminggu. Ini yang akan menjadi patokan Anda dalam merawat mobil dan mengganti oli. Termasuk dalam hal memilih oli yang terbaik untuk mobil Anda. Maka gunakanlah perawatan dari ennergimotorsport.com dan gunakan waktu sebaik mungkin. Maka Anda akan menemukan banyak keuntungan dan kenyamanan dari pelayanan. Selamat mencoba dan berupaya untuk merawat mobil Anda menjadi lebih baik.