Merawat Kaca Mobil – Pada masa new normal seperti sekarang ini, kebanyakan orang mengurangi perjalanan ke tempat-tempat tertentu yang tidak mendesak, seperti ke tempat pencucian mobil. Namun, perawatan kendaraan harus tetap dilakukan supaya mobil tetap dalam keadaan baik.

Merawat mobil tak harus selalu dilakukan ke salon mobil. Seperti contohnya merawat kaca mobil. Apalagi merawat kaca mobil sangat penting agar visibilitas ketika mengemudi lebih jelas. Namun perlu dicatat, seperti dilansir situs Nissan, perawatan kaca mobil berbeda dengan bodi, sebab kebersihan kaca sangat memengaruhi daya penglihatan pengemudi serta penampilan.

Jadi, menjaga kondisi kaca mobil agar tetap mengkilap wajib dilakukan oleh setiap pemiliknya. Nissan memberikan beberapa tips agar kaca mobil tetap terlihat bersih dan mengkilap. Berikut ini beberapa tips merawat kaca mobil yang perlu Anda ketahui.

Ilustrasi Kaca Mobil Buram Saat Hujan
Ilustrasi Kaca Mobil Buram Saat Hujan, Sumber : Auto2000

1. Mewaspadai Goresan pada Kaca Film

Umumnya pemilik mobil akan memanfaatkan fungsi kaca film untuk melapisi bagian dalam kaca agar tidak tergores. Hal ini memang efektif untuk mencegah benda langsung menggores kaca, namun bukan berarti kaca film tak bisa tergores.

Penting sekali untuk tetap waspada dan cermat ketika memasukkan benda apapun di dalam mobil. Dengan begitu, goresan sekecil apapun tidak akan merusak kaca film dan mengganggu penglihatan.

2. Menjaga Kebersihan Kaca Secara Rutin

Kaca memiliki bidang yang cukup luas sehingga mudah sekali terkena kotoran. Debu yang menempel, air hujan, bahkan cipratan air dari kendaraan lain berpotensi meninggalkan noda.

Segera bersihkan apabila terdapat noda di kaca. Membiarkan noda terlalu lama menempel hanya akan membuatnya semakin sulit dibersihkan. Beberapa noda seperti kotoran hewan dan getah pohon begitu sulit dihilangkan. Untuk menghilangkan noda seperti itu, gunakan lap basah untuk mengelapnya sehingga noda dapat hilang tanpa meninggalkan goresan.

3. Membersihkan Kaca dengan Lap

Ilustrasi Merawat Kaca Mobil
Ilustrasi Merawat Kaca Mobil, Sumber : kompas.com

Kondisi lap juga sangat berpengaruh dalam merawat kaca mobil agar tetap terlihat mengilap. Lap yang lembut dan bersih akan mencegah timbulnya goresan pada kaca.

Ketika Anda menggunakan lap kasar, goresan akan ditimbulkan oleh serat-serat lap. Sedangkan pada lap kotor, debu yang menempel bisa jadi biang goresan. Anda pun perlu menyediakan dua ember air agar dapat membedakan mana yang untuk membilas lap dan mana yang untuk mencuci kaca mobil.

4. Mengeringkan setelah Basah

Kaca yang basah karena hujan atau setelah dicuci biasanya akan mudah terkena jamur. Inilah yang jadi alasan mengapa Anda harus selalu mengeringkan kaca mobil sesegera mungkin.

Bila sudah terlanjur berjamur, maka Anda dapat menggunakan cairan pembersih kaca khusus untuk memoles bagian tersebut. Meski hasilnya sangat memuaskan, menggunakan cairan pembersih kaca tidak boleh terlalu sering karena dapat membuat lapisan permukaan kaca semakin menipis.

5. Memeriksa Rutin Kondisi Karet Wiper

Goresan juga bisa disebabkan oleh gerakan wiper, khususnya ketika kondisi karet mengeras. Penting bagi Anda untuk rutin memeriksa kondisi karet wiper.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menggerakkan karet wiper untuk menguji kelenturannya. Bila dirasa sudah keras, maka segera ganti karet wiper tersebut. Umumnya, karet wiper wajib diganti paling lambat setahun sekali untuk mencegah goresan permanen terjadi pada kaca.

6. Menggunakan Cairan Pelindung Kaca

Anda bisa melapisi kaca mobil dengan cairan pelindung yang banyak dijual di pasaran. Namun sebelumnya, bersihkan kaca dengan glass cleaner untuk memastikan tidak ada lagi kotoran hinggap di atas kaca.

Cairan glass protectant biasanya juga memiliki bahan yang menjadikan kaca memiliki sifat yang membuat air seperti di daun talas. Ini tentunya sangat membantu saat menghadapi hujan deras dan menghindari kaca mobil berjamur karena air yang menempel.

7. Menghindari Terlalu Sering Dijemur

Untuk menghindari kaca mobil berjamur, hindari mobil dari paparan sinar matahari langsung saat diparkir. Selain bisa membuat kaca menjadi buram, panas sinar matahari juga bisa menyebabkan karet-karet jendela mobil menjadi rusak. 

8. Melakukan Coating

Ilustrasi Coating Kaca Mobil
Ilustrasi Coating Kaca Mobil, Sumber : beritagar.id

Saat ini ada banyak coating yang dapat dilakukan pada sebuah mobil. Coating tak hanya bisa dilakukan pada body saja, tapi kaca juga bisa. Perlindungan melalui coating pada bagian kaca dan body sangat memberikan banyak keuntungan pada mobil tersebut.

sendiri adalah proses perlindungan pada kaca mobil yang mempunyai sifat tahan lama maupun permanen. Terlebih jika coating menggunakan nano ceramic pada kaca mobil. Coating kaca tersebut dapat membuat kaca terlindung dari kotoran yang menempel dan terhindar dari kaca mobil berjamur.

9. Membersihkan dengan Air Hangat

Biasanya kaca mobil yang baret dikarenakan oleh beberapa hal di antaranya karena karet wiper, power window dan juga alat pembersih mobil yang tidak benar atau cara mencuci mobil salah.

Kalau kaca mobil terdapat goresan kecil dikarenakan soal pemakaian wiper yang sering. Tapi ada juga pengalaman kami wiper menyebabkan kaca mobil terkena baret yang terlalu dalam. Untuk membersihkan dan menghilangkan baret kaca mobil yang kecil dan dalam berbeda cara penanganannya. 

Demikianlah ulasan mengenai beberapa tips merawat kaca mobil yang bisa Anda lakukan. Sekarang Anda tinggal praktekkan di rumah, karena beberapa bahan yang digunakan untuk membersihkan atau merawat kaca mobil tersebut gampang didapatkan dan harganya murah. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Simak artikel bermanfaat lainnya di sini.