Bagi anda yang memiliki kendaraan khususnya mobil pasti sudah mengetahui tentang wiper. Wiper adalah salah satu komponen mobil yang memiliki fungsi untuk membersihkan kaca mobil saat berkendara untuk memudahkan kita. Terlebih lagi pada kondisi hujan ataupun berkabut, tentu kita tidak bisa membersikan sendiri air hujan yang terus terusan ada di kaca mobil.

Adanya wiper sangatlah penting saat berkendara. Bayangkan saja ketika berkendara kemudian hujan lebat. Pasti kaca mobil depan akan terus-terusan terguyur air dan akan menghalangi pandangan pengemudi. Dengan adanya wiper ini pengemudi dimudahkan karena wiper akan otomatis membersihkan kaca depan mobil dari guyuran air hujan.

Ternyata Inilah Cara Merawat Wiper Mobil Dengan Benar

Dengan penjelasan tersebut maka adanya wiper amat sangat berguna untuk berkendara. Oleh karena itu kita harus menjaga atau merawat kondisi dari wiper. Kalau begitu simak penjelasan merawat wiper berikut ini.

Mengecek kondisi karet wiper

Karet Wiper

Karet Wiper. Source: jawapos.com

Bagian wiper yang menempel pada permukaan kaca mobil adalah sebuah karet yang fungsingnya untuk menghalau atau menyingkirkan air hujan atau kotoran yang menempel pada kaca mobil. Akan tetapi kondisi karet bisa saja rusak atau lapuk, maka dari itu melakukan pengecekan rutin pada karet wiper sangat diperlukan, bila perlu rutin diganti.

Karena jika kondisi karetnya tidak bagus, maka proses pembersihan kaca menjadi kurang maksimal. Dan yang lebih parah adalah menyebabkan baret pada kaca mobil. Tentu hal ini tidak diinginkan bagi pemilik mobil.

(Baca Juga : Cara Merawat Mobil Hemat Biaya)

Mengecek kebersihan wiper

Wiper Kotor

Wiper Kotor. Source: pulsk.com

Wiper memang berfungsi untuk membersihkan kaca mobil dari kotoran, akan tetapi kadangkala kotoran tersebut masih menyangkut pada wiper. Maka dari itu mengecek kebersihan dari wiper sangar diperlukan, bila perlu wiper rutin dibersihkan. Karena kotoran yang masih menempel bisa menyebabkan baret pada kaca mobil.

Mengecek kondisi poros wiper

Merawat Wiper

Merawat Wiper. Source: sidoarjo-toyota.com

Poros wiper juga perlu diperhatikan. Cek apakah poros dapat berputar dengan baik ataukah tidak. Jika gerakannya agak kurang halus berikanlah pelumas, bila perlu secara berkala. Karena jika tidak poros akan aus dan d=tidak berfungsi dengan benar.

Mengecek cairan wiper

Mengisi Cairan Wiper

Mengisi Cairan Wiper. Source: kompas.com

Wiper juga memiliki cairan khusus untuk membersihkan kaca. Cairan pembersih tersebut bisa anda cek di ruang mesin. Tetapi anda juga bisa mengisinya dengan air biasa. Cairan ini berguna ketika ada kotoran yang menemper pada kaca mobil, contohnya kotoran burung. Dengan diberi air, kotoran tersebut bisa lebih mudah bibersihkan.

Mengecek lengan wiper

Lengan Wiper

Lengan Wiper. Source: medcom.id

Selain karet dan poros wiper, lengan wiper juga perlu anda perhatikan. Karena ada kondisi dimana lengan wiper patah atau lain sebagainya. Jika lengan wiper patah, maka wiper tidak dapat membersihkan kaca mobil dengan maksimal.

Sekian ulasan kami tentang cara merawat wiper mobil dengan benar. Jika anda masih bingung atau takut untuk merawatnya sendiri anda bisa mengunjungi bengkel kami bengkel mobil jogja, disana anda bisa mengecek kondisi wiper mobil anda.