Pernahkah anda melihat suatu mobil di jalan raya yang memiliki roda miring? Biasanya roda tersebut akan menonjol keluar pada bagian bawahnya dan masuk ke dalam pada bagian atasnya. Selain itu kendaraan yang dimodifikasi dengan gaya roda miring ini merupakan kendaraan yang tidak digunakan untuk mengangkat beban berat, seperti type sedan atau city car. Modifikasi seperti ini adalah modifikasi camber atau ada juga yang menyebutnya sebagai hellaflush.

Biasanya modifikasi seperti ini adalah untuk mengejar penampilan dan juga keunikan. Karena itu selain mobil jenis sedan juga model citycar yang biasanya merupakan mobil LCGC yang memiliki penampilan lebih muda namun harga terjangkau. Jika anda tertarik untuk melakukan modifikasi camber pada mobil anda, sebaiknya anda perlu membaca artikel ini sebelum melakukannya.

Modifikasi Camber
Modifikasi Camber. Sumber Unsplash

Modifikasi Camber

Camber adalah istilah otomotif untuk menyatakan kemiringan pada ban mobil. Ban yang menonjo; keluar pada bagian bawahnya disebut camber negatif sedangkan untuk yang menonjol adalah ban bagian atas maka disebut camber positif. Maka yang sering ditemukan di jalanan adalah modifikasi camber negatif.

Bermacam-macam tujuan modifikas camber pada mobil antara lain pada mobil balap seperti Nascar yang menggunakan track belok dan miring dalam kecepatan tinggi. Penggunaan camber negatif pada ajang balapan ini untuk mendapatkan kestabilan. Sedangkan pada mobil touringpenggunaan camber positif untuk meringankan beban kemudi. Yang jelas pembuatan modifikasi ini tidak sembarangan.

Namun saat ini penerapan modifikasi camber tidak memperhatikan tujuan fungsional namun lebih kepada tren atau penampilan. Karena itu sebaiknya ketika akan melakukan perubahan pada kendarana sehingga menjadi tidak standar harus memperhatikan berbagai faktor termasuk kenyamanan dan keamanan.

Kelemahan Modifikasi Camber

Ada beberapa kelemahan modifikasi camber, utamanya adalah modifikasi camber negatif dengan sudut kemiringan besar, dimana ban akan terlihat sangat menonjol di bagian bawahnya. Simak ulasannya berikut ini.

1. Suspensi Lebih Keras

Modifikasi camber negatif mengharuskan pemotongan atau penggantian suspensi sehingga lebih pendek dari aslinya.  Suspensi lebih pendek tentu akan menyebabkan ketika terjadi pantulan akan terasa lebih keras dari kondisi standar. Anda akan merasa kurang nyaman dibandingkan mengendarai mobili kondisi standar, saat melaju di kondisi jalan tidak rata.

Selain itu dengan menjadikan suspensi lebih pendek maka kinerja suspensi menjadi semakin berat. Hal inilah yang menyebabkan suspensi menjadi lebih cepat rusak jika dibandingkan dengan suspensi standar.

2. Ground Clearance Rendah

Jarak antara bagian bawah mobil dengan tanah atau yang biasa disebut ground clearance yang renah akan menimbulkan banyak masalah, apalagi di jalanan Indonesia yang memiliki kontour buruk. Jika tidak diperhatikan rawan terjadi gesekan antara bagian bawah kendaraan dengan aspal. Bisa jadi body kit, bumper ataupun side skirts mobil anda mengalami kerusakan.

Hal lainnya adalah ketika terjadi hujan dan banyak terjadi genangan maka kerusakan komponen mobil karena hujan akan lebih besar peluangnya. Pada kendaraan jenis tertentu jika bagianmesin terkena air hujan atau cipratan dari genangan akan menyebabkan macet. Sedangkan ground clearance yang rendah menjadikan bagian bawah dari mobil akan lebih dekat dengan genangan.

3. Goncangan Mobil Bertambah

Sudut camber yang dibuat negatif dalam sudut besar maka ban dapat masuk dalam fender mobil. Mungkin secara penampilan akan lebih bagus, tetapi jika sudut camber yang digunakan terlalu besar dan sudut tidak sama antara kedua ban, maka yang terjadi adalah ban menarik mobil ke salah satu sisi, dan mobil menjadi berguncang lebih keras. Cara mengatasinya adalah ubahlah sudut camber negatif menjadi lebih kecil.

4. Umur Ban Lebih Pendek

Ban yang diposisika miring maka akan menjadikan tumpuan beban pada ban menjadi tidak merata. Hal ini menyebabkan ban mobil berumur jauh lebih pendek karena menumpu beban mobil yang lebih besar sedangkan luas penampang ban mobil yang menjadi tumpuan mengecil dan justru beban menjadi lebih besar.

5. Umur Kaki Mobil Lebih Pendek

Beban berat pada bagian roda dengan goncangan yang terus menerus ketika dikendarai akan menyebabkan ketahanan dan keawetan kaki-kaki mobil menjadi lebih pendek.  Jika sampai jebol tentu justru akan menambah biaya perbaikan yang sebenarnya bisa dihindari.

Modifikasi Camber
Groundc clearing rendah. Sumber Unsplash

Mobil gaya ceper dengan menerapkan camber negatif yang ekstrim tentu akan menarik perhatian pengguna jalan, meskipun tidak semua orang menyukainya. Kombinasi modifikasi interior mobil dengan gaya mewah dengan kaca bening akan memikat siapapun. Namun pertimbangkan kembali sebelum memutuskan untuk melakukan modifikasi camber.

Itulah ulasan modifikasi camber yang bisa kami sampaikan. Semoga artikel ini bisa menjadi pertimbangan bagi anda untuk melakukan modifikasi. Namun semua kembali kepada anda, jika anda akan melakukannya untuk mengikuti kontes modifikasi maka bisa dilakukan, tetapi jika kendaraan tersebut akan dipakai harian maka sebaiknya dipertimbangkan. Bisa juga berkonsultasi dengan bengkel tune up mobil Jogja EnnergyMotorSport. Terima kasih.