Penyebab Aki Mobil Soak – Aki adalah komponen penting yang berguna untuk menyimpan arus listrik yang akan membantu menggerakkan kendaraan. Meskipun termasuk komponen yang penting, sering kali masyarakat melupakan keberadaan aki ini. Alhasil banyak kejadian mobil mogok tiba-tiba di tengah jalan atau mesin tidak bisa dinyalakan pada saat akan digunakan. Bisa jadi hal tersebut berkaitan dengan aki yang soak karena tidak dirawat.

Bukan hanya oli saja yang perlu dilakukan cek secara rutin, namun aki juga jangan lupa ya. Jika oli sudah waktunya diganti maka Anda bisa membawanya ke bengkel ganti oli Jogja. Begitu juga dengan aki, jika memang kondisi aki sudah saatnya dilakukan pergantian, segeralah melakukannya. Supaya kondisi aki tersebut tidak menyebabkan berbagai masalah yang nantinya bia merugikan diri Anda sendiri.

Penyebab Aki Mobil Cepat Soak

Salah satu hal yang bikin kesal saat mengendarai mobil ialah tiba-tiba mobil mogok karena aki tekor. Hal tentu saja sangat merugikan Anda, apalagi jika Anda harus segera menghadiri acara penting. Untuk mencegah terjadinya hal-hal tersebut, Anda perlu mengetahui apa saja yang menjadi penyebab aki mobil Anda soak. Supaya Anda bisa menghindari kejadian yang merugikan Anda seperi mobil tiba-tiba mogok ditengah jalan.

1. Mobil Jarang Digunakan

Banyak terjadi di masyarakat, jika mobil tidak digunakan pasti juga tidak dipanaskan. Nah hal inilah yang membuat aki mobil cepat tekor. Apabila memang Anda jarang menggunakan mobil tidak masalah, namun juga dengan catatan bahwa mobil tetap harus dipanaskan secara teratur. Supaya kondisi mesin mobil juga tetap prima dan terjaga meskipun tidak digunakan.

Ketika mobil tidak dipanaskan, maka aki tidak bisa menyuplai listrik yang cukup. Alhasil kinerja aki akan semakin tidak optimal yang pada akhirnya membuat aki mobil tekor. Jadi meskipun hanya diletakkan di garasi saja, mobil tetap harus dipanaskan ya supaya tidak merugikan Anda di kemudian hari.

Penyebab aki mobil soak, Sumber: auto2000.co.id
Penyebab aki mobil soak, Sumber: auto2000.co.id

2. Kapasitas Aki Tidak Sesuai

Ketika menggunakan aki mobil disarankan untuk mengetahui kebutuhan kelistrikan dari mobil yang Anda gunakan. Jadi jangan sampai asal memilih dan pada akhirnya aki sering tekor karena kapasitasnya tidak sesuai dengan kebutuhan kelistrikan mobil. Jika aki yang Anda gunakan memiliki kapasitas yang terlalu kecil, maka nanti dapat mengakibatkan over suplai.

3. Kehabisan Air Aki

Penyebab aki mobil soak selanjutnya ialah air aki mobil habis. Untuk pengguna aki mobil tipe basah memang dari segi perawatannya lebih mudah, karena bisa mengisi ulang sendiri. Namun kelemahannya ialah Anda lupa untuk mengecek kondisi aki, apakah airnya masih atau tidak.

Jika aki mobil kehabisa air, maka bisa menggangu kinerjanya. Apabila dibiarkan saja secara terus-menerus, lama-kelamaan aki bisa menjadi tekor. Untuk itu rawatlah aki mobil Anda dengan cara melakukan pengecekan secara rutin supaya terhindar dari risiko aki tekor.

4. Penggunaan Mobil yang Terlalu Sering

Selain jarang dipanaskan, penggunaan mobil yang terlalu sering juga bisa menjadi penyebab aki mobil soak. Hal ini dikarenakan, mobil terlalu sering menggunakan aki untuk memenuhi kebutuhan listrik. Misalnya saja penggunaan AC, AC mobil akan terus dinyalakan apabila Anda terlalu intens menggunakannya.

Apalagi ditambah audio mobil yang selalu menyala, jadi tidak heran jika kebutuhan listrik meningkat. Jadi Anda bisa lebih memperhatikan lagi mengenai perawatannya. Jika memang dirasa Anda sering menggunakan mobil, maka bisa mulai dibatasi mengenai kebutuhan listriknya. Sehingga aki mobilpun juga bisa lebih awet dan dapat tahan lama.

5. Aksesoris Mobil Berlebihan

Bagi Anda yang menyukai dunia otomotif, pasti juga memiliki hobi untuk modifikasi mobil. Sebenarnya memiliki hobi memodifikasi mobil tidak dilarang dan sah-sah saja. Meskipun demikian, bukan berarti Anda bisa menggunakan aksesoris mobil secara berlebihan ya. Karena penggunaan aksesoris yang berlebihan bisa menjadi faktor penyebab aki mobil soak.

Biasanya penggunaan aksesoris mobil membutuhkan banyak suplai dari aki. Jadi ketika aksesoris yang digunakan berlebihan, maka kebutuhan listrik juga semakin meningkat. Itulah mengapa aki mobil jadi sering tekor.

Mobil mogok karena aki bermasalah, Sumber: daihatsu.co.id
Mobil mogok karena aki bermasalah, Sumber: daihatsu.co.id

6. Aki Sudah Tua

Ketika mobil yang Anda gunakan sering sulit untuk dinyalakan, maka bisa juga menjadi pertanda bahwa usia aki yang Anda miliki sudah tua. Sehingga wajar saja kalau daya penyimpanan listriknya mulai mengalami penurunan atau melemah. Jika memang usia aki sudah tua, maka Anda perlu menggantinya dengan yang baru. Anda bisa mengganti aki mobil setiap 2 atau 3 tahun sekali.

Baca juga: Kerusakan Pada Mobil yang Umumnya Terjadi

Cara Mengatasi Aki Mobil Soak

Dilansir dari laman website Auto2000, Anda bisa mengatasi permasalahan aki yang tekor ini sendiri dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Siapkanlah beberapa alat yang digunakan, misalnya saja seperti cairan isi ulang aki kering dan basah, obeng minus, kain lap, suntikan tinta printer, dan lem selotip.
  • Melepaskan aki secara perlahan dan tidak boleh sembarangan. Lepaskanlah terlebih dahulu kutub positif, lalu kemudian ke kutub yang negatif.
  • Bersihkan bagian aki yang kotor secara perlahan menggunakan kain lap yang sudah Anda siapkan.
  • Langkah selanjutnya ialah membongkar penutup aki dengan menggunakan obeng minus. Lakukanlah dengan cara perlahan dan hati-hati ya, supaya kotak aki tidak rusak.
  • Mulai mengisi cairan aki yang telah disiapkan. Anda bisa menggunakan suntikan printer untuk mengisi cairan aki ke lubang-lubang yang ada di dalam kotak aki. Perlu diingat bahwa Anda perlu mengisinya secara perlahan supaya cairan aki tidak mengenai kulit. Karena cairan tersebut dapat membuat kulit iritasi.
Cara mengatasi aki mobil tekor, Sumber: jabar.tribunnews.com
Cara mengatasi aki mobil tekor, Sumber: jabar.tribunnews.com

Namun jika memang Anda tidak bisa mengatasi berbagai masalah kerusakaan pada mobil sendirian, maka lebih baik segera membawa mobil Anda ke ahlinya. Anda bisa membawa mobil kesayangan Anda ke Ennergi Motorsport yang merupakan bengkel mobil Jogja yang telah berpengalaman selama bertahun-tahun dalam dunia otomotif. Jangan khawatir, di sini Ennergi Motorsport melayani semua jenis dan merek mobil.

Terima kasih telah berkenan menyimak informasi mengenai apa penyebab aki mobil soak dan cara mengatasinya. Untuk Anda yang membutuhkan jasa carbon cleaning Jogja, kami dari Ennergi Motorsport juga melayaninya. Jadi jangan ragu untuk menghubungi kami dan melakukan konsultasi mengenai permasalahan mobil yang Anda alami. Kami akan senang hati membantu permasalahan mobil Anda.