Memiliki mobil memang menjadi keinginan banyak orang. Karena memang mobil bermanfaat untuk memperlancar urusan kesibukan sehari-hari. Maka, ketika Anda salah satu yang sudah memiliki mobil pasti Anda menginginkan perawatan yang terbaik. Namun, perawatan terbaik pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Mengenai servis perawatan body dan chasis, terdapat dua istilah yang sering diketahui banyak orang. Istilah tersebut adalah body repair dan ketok magic. Kedua metode ini merupakan metode dengan fungsi yang sama yaitu perbaikan body dan chasis mobil namun keduanya memiliki perbedaan yang cukup jauh. Ketok magic dikenal juga dengan ketok halus yaitu menggunakan tool berupa kayu sedangkan body repair menggunakan ketok las. Selain itu ketok magic menggunakan pressing sedangkan body repair tidak. Intinya keduanya sama-sama merupakan metode untuk perbaikan body dan chasis mobil.

Body repair bisa dikatakan cara yang lebih modern untuk perbaikan body mobil. Saat ini tersebar banyak sekali bengkel body repair terutama di Jogjakarta. Salah satunya adalah skinner autoworks. Kali ini, skinner ingin sedikit memberikan tips untuk mencegah kerusakan body dalam jangka waktu yg lumayan lama sehingga bermanfaat untuk mengehamat pembiayaan mobil Anda.

Tips Menjaga Keawetan Body Mobil

Perawatan Mobil, sumber ig scutobuaran

Perawatan Mobil, sumber ig @scutobuaran

Jika Anda memiliki mobil, Anda pasti tidak segan-segan merogoh kocek Anda untuk perbaikan mobil kesayangan Anda. Tapi, jika ternyata Anda memiliki mobil dengan body dan chasis yang terjaga maka itu akan lebih baik lagi. Berikut ini akan diberikan beberapa informasi bagaimana caranya menghemat pembiayaan dengan lebih memperhatikan body dan chasis mobil Anda.

1. Rajin Membersihkan

Banyak hal yang bisa menyebabkan kerusakan pada body dan chasis mobil Anda. Salah satunya adalah karatan. Untuk menjaga agar body dan chasis mobil tidak mudah berkarat, maka selalu jaga kebersihan body mobil Anda setelah pemakaian. Karena karatan merupakan hasil dari reaksi antara material body dan chasis mobil dengan udara sekitar diakibatkan adanya zat-zat seperti cairan, air hujan, dsj. Maka dengan rajin-rajin membersihkan mobil, Anda dapat mengehemat pembiayaan yang akan dikeluarkan seandainya harus memperbaiki body dan chasis mobil Anda.

2. Mengemudi Dengan Cermat

Bentuk lain yang bisa merusak body dan chasis mobil adalah penggunaan mobil itu sendiri. Jika tidak cermat dalam mengemudi, banyak hal yang bisa terjadi terutama pada body dan chasis mobil. Misalnya rusaknya body dan chasis akibat mengemudi di jalanan yang rusak sehingga mengakibatkan benturan dengan material kasar yang terdapat pada jalanan. Selain itu adalah senggolan bahkan tabrakan. Tentu kejadian ini bisa berakibat pada rusaknya body dan chasis mobil Anda. Maka dengan mengemudi dengan cermat, Anda bisa lebih menjaga body dan chasis mobil Anda dari kerusakan sehingga bisa menghemat pembiayaan untuk perbaikan body dan chasis.

3. Gunakan Sparepart yang Tepat

Saat ini, banyak dijual sparepart yang tidak genuine dimana-mana. Meskipun terkadang bisa tetap berfungsi, namun ada baiknya untuk tetap menghindari penggunaan sparepart body dan chasis yang tidak genuine. Kelebihannya, sparepart body dan chasis genuine merupakan produksi asli perusahaan mobil sehingga memang didesain untuk menjadi bagian yang berfungsi tepat pada mobil tersebut. Dengan begitu, Anda memiliki mobil yang lebih tahan lama tidak mudah rusak dikarenakan penggunaan sparepart body dan chasis yang genuine dan tentu saja perawatan body dan chasis berkala dengan jangka waktu yang tepat bisa mengurangi pembiayaan perawatan body dan chasis dibandingkan dengan perawatan yang insidental dan terlalu sering.

Demikian beberapa informasi mengenai tips bagaimana menjaga agar body dan chasis kendaraan Anda tetap awet terjaga sehingga bisa menghemat pengeluaran biaya perawatan mobil. Semoga informasi ini bermanfaat!