Mobil merupakan salah satu barang yang memiliki nilai harga tinggi dibandingkan dengan barang lain. Sehingga tentu saja Anda akan berusaha untuk menjaga mobil tersebut agar senantiasa terlihat kinclong dan nyaman digunakan. Untuk memenuhi kedua kriteria tersebut tentu akan membutuhkan perawatan khusus dan rutin pada mobil. Sebagai bahan pembanding dalam pemilihan bengkel yang sesuai maka Anda perlu menentukan kriterianya. Diantara kriteria-kriteria tersebut bisa Anda baca pada kriteria di bawah ini terkait jenis perawatan pada bengkel mobil. Karena pada dasarnya setiap bengkel memiliki keunggulan dan ciri khas masing-masing dalam hal perawatan mobil.

Jenis perawatan pada bengkel mobil berikut ini perlu Anda perhatikan sebelum memasukkan mobil Anda ke dalam bengkel tersebut. Karena beberapa jenis perawatan utama merupakan hal yang menentukan keadaan mobil Anda. Keadaan dalam hal ini yaitu tingkat keawetan dan ketahanan mesin serta kenyamanan dalam penggunaannya.

1. Penggantian Oli Secara Rutin

Oli merupakan salah satu komponen yang paling penting pada mesin mobil. Oli sebagai bahan yang akan melindungi dan menahan gesekan-gesakan antar mesin pada mobil Anda. Penggantian oli ini perlu dilakukan secara rutin dan berkala. Alasannya yaitu seiring berjalannya waktu bahan tersebut tentu saja lama kelamaan akan habis atau kering karena adanya gesekan terus menerus.

2. Pengecekan Radiator

Ilustrasi Ganti Oli Mobil, sumber ig amsoil_su

Ilustrasi Ganti Oli Mobil, sumber ig @amsoil_su

Radiator merupakan alat di dalam mobil yang berfungsi untuk menetralkan panas. Pada radiator biasannya berisi cairan atau air yang memiliki fungsi sebagai coolant. Oleh sebab itu, pengecekan radiator perlu dilakukan secara rutin dan jangan sampai mesin mobil dalam keadaan overheat. Keadaan overheat akan menyebabkan mesin Anda menjadi rusak, atau bahkan juga bisa membahayakan penumpang mobil.

3. Periksa Knalpot

Knalpot merupakan alat pada mobil yang berfungsi untuk mengeluarkan gas-gas sisa bahan bakar kendaraan. Karena bentuk dari alat ini seperti pipa yang mengarah keluar sering kali alat ini lebih dulu mengalami kotor. Oleh sebab itu, pembersihan knalpot harus rutin dilakukan untuk menghindari adanya sumbatan. Sumbatan yang berlebih bisa mengganggu proses pembuangan gas sisa dan bahkan bisa menyebabkan mesin mobil menjadi rusak atau tidak menyala.

4. Periksa Tune Up

Tune up merupakan sebutan dari pemeriksaan komponen-komponen vital pada mesin mobil yang dilakukan di bengkel-bengkel resmi. Proses pemeriksaan ini perlu dilakukan secara rutin untuk mengetahui keadaan mesin Anda secara menyeluruh. Sehingga mobil tetap terjaga dan jangan sampai terjadi kerusakan fatal yang tiba-tiba terjadi. Prosedur ini bisa dikatakan sebagaimana pepatah yaitu lebih baik mencegah dari pada mengobati.

5. Pengecekkan Timing Belt

Timing belt merupakan salah satu komponen dalam mesin mobil yang berfungsi untuk menghubungkan putaran roda gigi ke bagian internal mesin. Ketidaknormalan kondisi ini dapat menimbulkan suara yang dengung saat mobil dinyalakan. Ketika dibiarkan dalam kondisi seperti ini maka lama kelamaan mesin akan menjadi rusak. Sehingga, pengecekkan rutin timing belt sangat diperlukan.

Untuk memilihkan jenis perawatan pada bengkel mobil yang lengkap dan memadai maka Anda bisa memilih dari kelima hal di atas. Untuk lebih mudahnya Anda juga bisa mengecek beberapa bengkel yang sudah menyediakan jasa online dan bisa Anda baca brosur perawataannya. Salah satu bengkel online yang bisa Anda kunjungi adalah ennergimotospot.com. Selain yang tertera dalam brosur, Anda juga dapat menghubungi CP dan meminta tambahan perawatan lain yang mungkin Anda inginkan. Demikian, semoga ulasan ini bermanfaat.