Mobil menjadi sebuah kendaraan yang menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian orang. Bahkan terkadang ada beberapa orang yang menganggap memiliki satu mobil saja tidak cukup. Hal ini karena menggunakan mobil tersebut untuk daily atau hanya musiman seperti untuk bersenang-senang atau acara khusus lainnya. Namun, jika Anda membeli mobil baru hanya untuk hal tersebut, tentunya Anda harus mengerti bagaimana cara menyimpan dan merawatnya. Dengan mengetahui bagaimana perawatan mobil baru yang jarang dipakai tentunya akan berdampak besar pada mobil Anda.

Jika Anda melakukan perawatan mobil musiman ini, tentunya cara kerja kendaraan tersebut akan tetap bagus dan tidak menghambat ketika akan menggunakannya. Nah berikut cara perawatan mobil baru yang jarang dipakai secara tepat, antara lain :

1. Membersihkan Mobil Anda

Simpanlah mobil Anda dengan bersih dan kosong dari barang-barang. Meskipun jarang digunakan, bersihkanlah mobil dan spion mobil dari sisa makanan yang dapat menggoda hewan pengerat dan penyusup lainnya. tambahkan penyegar udara agar kendaraan Anda tidak pengap saat ingin mengoperasikannya kembali.

2. Hidupkan Mobil Setiap Beberapa Hari

Meskipun Anda tidak pergi kemana pun, nyalakanlah mobil setiap beberapa hari sekali. Melakukannya akan tetap membuat siklus cairan mengalir melalui mesin Anda dan membuat semuanya tetap terlumasi. Hal ini juga akan mencegah cairan dari pengumpulan di area tertentu dan memastikan bahwa baterai Anda tetap segar.

3. Putuskan Sambungan Untuk Mencegah Korosi Baterai

Lamborgini, sumber ig lamborghinitoday

Lamborgini, sumber ig @lamborghinitoday

Jika Anda menyimpan kendaraan baru Anda yang hanya untuk musiman, atau Anda mengetahui hanya akan menggunakan mobil Anda dalam jangka waktu yang lama. Putuskan sambungan baterai/AKI mobil untuk mencegah terjadinya korosi

4. Lindungi Eksterior Kendaraan

Bersihkan bagian luar mobil dan setelah kering, tutuplah untuk melindungi cat. Simpan kendaraan Anda di garasi jika mungkin. Atau jika tidak ada sebuah garasi, jauhkanlah dari elemen. Anda bisa menutupnya menggunakan pelindung mobil yang ada.

5. Gunakan Aturan Mana Yang Muncul Pertama Untuk Perawatan

Lakukanlah perawatan rutin berdasarkan waktu, bukan berdasarkan jarak tempuh. Jadi periksalah panduan pemilik Anda untuk melihat apa yang direkomendasikan. Mobil yang tidak sering digunakan tidak akan mengumpulkan jumlah jarak tempuh. Namun, minyak dan aditifnya masih duduk dan menua meskipun mobil tidak jalan. Jika Anda ragu, lakukanlah tugas pemeliharaan berdasarkan kalender, bukan jarak yang tempuh yang Anda miliki.

Dengan melakukan perawatan mobil baru yang jarang dipakai dengan benar, dapat memastikan bahwa mobil tersebut siap dipakai atau digunakan ketika Anda membutuhkannya. Dengan langkah dan pilihan yang tepat, mobil baru Anda akan berjalan dengan Andal selama bertahun-tahun ke depan. Jika Anda ingin berkonsultasi mengenai kendaraan Anda, atau bahkan ingin melakukan service karena terlanjur sudah mengalami kerusakan pada mobil Anda, Anda dapat mengunjungi www.ennergimotorsport.com sebagai solusi semua masalah kendaraan Anda. Pastikan mobil Anda mendapat perawatan serta penanganan yang paling tepat untuk masa pakai yang lebih panjang.