Memiliki mobil yang kusam tentu bukan menjadi impian bagi masyarakat. Sayangnya, kadang ada masa dimana mobil menghadapi keadaan yang membuat catnya menjadi memudar dan terlihat kusam. Padahal, cat mobil sangat mempengaruhi tampilan luar dari mobil tersebut. Lalu bagaimanakah cara merawat cat mobil agar tidak kusam?

Pentingnya Merawat Cat Mobil Agar Tidak Kusam

Cat mobil ternyata memiliki peran cukup penting. Kondisi cat akan sangat berpengaruh terhadap tampilan dari mobil tersebut. Berikut ini beberapa pentingnya merawat kondisi cat mobil agar tidak kusam :
Untuk menjaga agar tampilan mobil tetap stylish, artinya mobil akan tetap terlihat baru meskipun sudah dipakai dalam beberapa kurun waktu tertentu.

Agar terlihat terawat, salah satu indikator dari mobil yang terawat sebenarnya adalah dilihat dari kondisi catnya.
Untuk menjaga nilai jualnya, jika suatu saat anda akan menjual mobil tersebut, maka kondisi cat yang tidak kusam secara otomatis akan membuat nilai jualnya cukup tinggi.

Cara Tepat Merawat Cat Mobil Agar Tidak Kusam

Ternyata banyak sekali pentingnya menjaga cat mobil. Selain agar tidak kusam, cat juga dapat digunakan untuk menjaga agar mobil tetap terlihat baru dan terawat. Namun, bagaimanakah cara merawat cat mobil agar tidak kusam? Inilah beberapa cara yang dapat anda lakukan :

1. Mengeringkan Air Hujan Pada Mobil Dengan Menggunakan Spons

Ternyata air hujan memiliki kandungan zat yang lambat laun dapat merusak warna cat mobil anda. Oleh karena itu agar cat mobil anda tidak terlihat kusam, sebaiknya ketika terkena hujan, segeralah mengambil spons atau lap. Kemudian, keringkan air hujan tersebut dengan segera. Jangan lupa,anda juga perlu membilasnya dengan menggunakan air bersih.

2. Mengelap Mobil Dengan Teknik Searah

Cara merawat cat mobil agar tidak kusam lainnya yaitu dengan mengelapnya menggunakan kain halus. Selain itu, pastikan juga bahwa anda mengelap searah. Teknik mengelap searah ini akan membuat bodi mobil anda terhindar dari baret.

Car Washing, sumber ig aqua.drive

Car Washing, sumber ig @aqua.drive

3. Mencuci Mobil Saat Keadaan Dingin

Ternyata kondisi mobil juga berpengaruh pada keawetan catnya. Untuk merawat agar cat mobil tetap awet, sebaiknya anda mencuci mobil pada saat keadaannya dingin. Usahakan pada saat mobil dicuci, sebaiknya saat keadaan tidak panas. Hal tersebut dapat menyebabkan cat mobil akan mudah pudar.

4. Menggunakan Shampoo Khusus

Hal ini juga penting untuk anda perhatikan dalam mengenal cara merawat cat mobil agar tidak kusam. Sebaiknya anda gunakan shampoo khusus cat mobil yang memiliki ph netral atau seimbang.

5. Menggunakan Wax Untuk Memoles Mobil

Menggunakan teknik waxing ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk memoles cat mobil. Anda dapat memoles cat mobil dengan teknik waxing kira-kira 2-3 bulan sekali.

Ternyata ada banyak cara merawat cat mobil agar tidak kusam. Anda juga dapat mempercayakan perawatan cat mobil pada ennergimotorsport.com. Segera rawat kondisi cat mobilmu sekarang juga!