Mobil matic merupakan sebuah kendaraan yang memiliki banyak peminatnya, betapa tidak?, salah satu mobil dengan pengoperasian yang sangat sederhana ini akan memudahkan Anda pecinta mobil. Mobil matic juga memberikan bukti dengan adanya kontribusi performa mengemudi yang meningkat. Namun, demi kenyamanan ketika Anda mengendarai mobil matic tersebut, Anda harus mengetahui bagaimana perawatan harian mobil matic yang harus Anda lakukan. Tentunya supaya kendaraan Anda bisa awet. Nah, simak 6 langkah berikut ini!

1. Selalu Pastikan Kaca Depan Bersih

Kaca mobil yang kotor dan berlubang adalah bahaya sebuah keamanan dalam menggunakan mobil matic ini. Hal tersebut dikarenakan akan mengaburkan pandangan Anda ketika dalam perjalanan. Untuk itu, pastikan kaca mobil depan Anda selalu bersih. Jadi berikan perawatan rutin dengan membersihkannya setiap hari. Bahkan jika lampu depan Anda kotor, lakukan juga pembersihan supaya penerangan lampu tetap terang.

2. Selalu Periksa Tekanan Ban

Mempertahankan tekanan ban yang tepat akan membuat Anda tetap aman. Ban yang digelembungkan dengan tidak benar, ini berarti terlalu tinggi atau kurang terinflasi dengan tekanan yang benar. Dengan hal tersebut akan memberikan peluang Anda untuk meledak. Ditambah lagi jika ban dengan tekanan yang benar akan meningkatkan efisiensi bahan bakar Anda. Untuk itu perawatan harian mobil matic ini penting untuk Anda lakukan.

3. Melakukan Periksa Level Oil Dan Top Off Sesuai Kebutuhan

Ilustrasi Perawatan Mobil, sumber ig universitymallsunoco

Ilustrasi Perawatan Mobil, sumber ig @universitymallsunoco

Oli sebuah kendaraan sangat penting untuk performa mobil Anda. pekerjaan yang paling penting adalah melumasi semua bagian yang bergerak di mesin Anda sehingga mereka tidak menggiling dan menghancurkan diri sendiri menjadi disfungsi. Ini juga mentransfer panas dari siklus pembakaran dan perangkap dan menahan semua hasil sampingan yang buruk dari pembakaran, mengirimnya ke filter oli. Jika mesin Anda tidak cukup minyak, mobil Anda tentunya akan berisiko rusak. Untuk itu, penting bagi Anda untuk membiasakan secara teratur memeriksa level oil ini.

4. Periksa Kebersihan Dalam Mobil Anda

Bagian dalam mobil Anda bukanlah tempat sampah atau tempat penampungan barang. Jai berhentilah memperlakukannya seperti itu. Biasakan membersihkan mobil Anda secara rutin sehingga menghindari adanya serangga yang akan merusak fasilitas mobil Anda. menjaga interior mobil Anda bersih dan rapi tentunya akan membuat anda nyaman ketika berkendara.

5. Pastikan Rem Anda Selalu Berfungsi

Ketika Anda melakukan sebuah perjalanan, keberadaan rem ini tentunya sangat penting. Cairan sebuah rem ini besifat higroskopik. Ini berarti, mahir dalam menarik kelembapan yang menyebabkan komponen berkorosi dan gagal. Untuk itu pastikan Anda memeriksa rem beserta cairan rem untuk memastikan selalu lembab. Minyak rem ini bersifat murah, namun jika sampai habis, akan menyebabkan kaliper, selang dan sensor yang harganya mahal.

6. Panaskan Mobil Matic Anda Setiap Hari

Meskipun Anda tidak menggunakan mobil matic Anda setiap hari, namun memanaskan mesin mobil ini menjadi perawatan harian mobil matic yang harus Anda lakukan. Hal ini untuk menghindari adanya jamur dan karat yang bisa tumbuh jika mesin selalu dalam keadaan dingin. Bahkan hal ini juga untuk menjaga kondisi oli dan aki jadi lebih baik. Ada baiknya setiap kali Anda membeli sebuah mobil matic ini, Anda memperhatikan dan membaca buku panduan yang ada. Hal tersebut tentunya memiliki banyak manfaat yang memberikan bagaimana cara merawat mobil dengan baik dan benar. Jika Anda mengalami masalah mengenai kendaraan Anda dan membutuhkan sebuah solusi, Anda dapat mengunjungi ennergimotorsport.com. Sebagai bengkel mobil yang berkualitas yang akan memberikan konsultasi atau solusi mobil kesayangan Anda.

Demikian ulasan mengenai langkah perawatan rutin mobil matic yang bisa bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa simak ulasan lainnya mengenai tips dan informasi perawatan mobil di halaman ennergimotorsport.