Saat ini, pilihan mobil matic atau manual memang menjadi salah satu pertimbangan siapa saja yang ingin memiliki mobil. Mobil matic memang salah satu yang paling dicari saat ini. Terdapat juga tawaran mobil matic murah yang sedang diburu oleh siapa saja.

Untuk Anda yang masih bingung untuk memilih membeli mobil matic atau manual, tidak ada salahnya untuk rajin-rajin mencari informasi. Bahkan Anda bisa memilih bukan hanya yang terbarum tetapi mobil seperti mobil matic bekas yang masih oke juga banyak ditawarkan.

Perbedaan Mobil Manual dan Mobil Matic

Mobil merupakan salah satu alat transportasi darat yang saat ini masih diidamkan dan dicari oleh banyak orang. Selain untuk menghindari dari panas dan hujan saat berkendara, mobil mampu memberikan kenyamanan saat berkendara. Oleh karena itu, sampai saat ini banyak brand mobil dari berbagai merk yang bermunculan.

Mobil secara umum terbagi menjadi 2 jenis utama, yakni mobil bertransmisi manual dan automatic (matic). Mobil manual dan mobil matic memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mengenali perbedaan keduanya tentu penting, apalagi bagi Anda yang hendak membeli mobil. Nah, untuk memilih mana yang lebih baik, maka perlu menyesuaikan juga dengan kebutuhan berkendara Anda. Simak beberapa perbedaannya berikut ini.

1. Harga

Bagi sebagian orang masalah harga biasanya jadi hal yang utama. Jika kita bandingkan, maka memang harga mobil bertransmisi automatic (matic) lebih mahal dibandingkan dengan harga mobil manual. Selain itu, biaya perawatannya-pun terbilang akan lebih mahal mobil matic dibandingkan mobil manual. Hal tersebut bisa dilihat dari harga sparepart dan komponen lain yang ada di mobil tersebut.

Transmisi Mobil Manual, sumber ig canepamotorsport

Transmisi Mobil Manual, sumber ig @canepamotorsport

2. Pengoperasian

Perbedaan yang paling utama antara mobil manual dan mobil matic adalah cara pengoperasiannya. Di dalam mobil manual terdapat 3 pedal, yaitu kopling, rem, dan gas. Sementara di dalam mobil matic hanya terdapata 2 pedal, yaitu rem dan gas.

Saat mengoperasikan mobil manual, perpindahan gigi dilakukan secara manual yaitu dengan menggunakan pedal kopling dan tuas kopling. Sementara mobil matic, saat melakukan perpindahan gigi menggunakan alat yang bernama gearbox tidak perlu lagi menggunakan pedal kopling seperti mobil manual.

Kinerja tangan akan lebih banyak ketika mengendarai mobil manual ketimbang mobil matic, karena mengendarai mobil manual tangan kiri harus selalu aktif dalam memindahkan transmisi, apalagi saat kondisi macet di jalanan menanjak. Kedua tangan dan kaki akan memiliki pekerjaan ekstra.

3. Konsumsi Bahan Bakar

Untuk konsumsi bahan bakar, mobil bertransmisi matic dinilai lebih banyak meminum bahan bakar dibandingkan dengan transmisi manual. Beberapa orang berpendapat, ini disebabkan karena mesin mobil pada transmisi matic akan bekerja lebih berat dibandingkan dengan transmisi manual.

4. Akselerasi

Mobil matic memiliki transmisi yang lebih rumit dibandingkan dengan mobil manual. Sehingga kebanyakan mobil manual memiliki transmisi yang lebih responsif diabandingkan dengan mobil matic. Dikarenakan transmisi yang lebih responsif inilah menyebabkan akselerasi mobil manual lebih cepat. Tak heran, jika mobil manual dirancang untuk digunakan sebagai mobil balap.

Namun karena perkembangan teknologi yang pesat, ada beberapa mobil matic yang dirancang dengan transmisi hampir sama dengan mobil manual. Biasanya mobil matic ini menggunakan sistem CVT (Continous Variable Transmission) dengan transmisi yang menggunakan belt sehingga ukuran rasionalnya dapat memendek dan memanjang secara halus.

5. Kenyamanan Saat Berkendara

Jika bicara mengenai kenyamanan berkendara, ini sifatnya subjektif karena bergantung selera dari setiap pengemudi. Setiap orang akan nyaman mengendarai mobil yang sesuai pilihan dan kebutuhannya. Secara umum, banyak orang lebih nyaman berkendara dengan mobil matic karena saat dikendarai tidak membutuhkan tenaga yang besar sehingga Anda tidak akan merasakan kelelahan.

Transmisi Mobil Matic, sumber ig shivamtrivedij

Transmisi Mobil Matic, sumber ig @shivamtrivedij

Mobil matic memang menawarkan kemudahan dalam berkendara, namun belum tentu semua orang nyaman saat mengendarainya. Namun jika Anda menggunakan jasa supir, memilih mobil manual adalah rekomendasi terbaik karena konsumsi bahan bakarnya akan relative lebih irit.

6. Perawatan

Dari segi perawatan, dana yang dikeluarkan untuk mobil matic lebih mahal dibandingkan mobil manual. Mobil matic dalam perawatannya membutuhkan bantuan teknisi di bengkel sedangkan perawatan mobil manual beberapa kasus bisa dilakukan sendiri.

Sejauh ini mobil matic memang sangat membutuhkan perawatan secara rutin bahkan bisa dibilang sering dibandingkan dengan mobil manual. Semua itu pasti mengeluarkan budget yang tidak sedikit, sehingga bagi Anda pemilik mobil matic setidaknya harus melakukan pengecekan rutin agar mobil matic yang dimiliki awet dan nyaman digunakan dalam kesehariannya.

Itu dia berbagai perbedaan antara mobil manual dan mobil matic. Semoga bisa menjadi informasi yang dapat membantu Anda untuk menentukan pilihan. Simak berbagai ulasan bengkel mobil lainnya di ennergimotorsport.com.