Kondisi jalan yang sepi agar terhindar dari kemacetan, kondisi jalan yang lebih sejuk, atau memang baru selesai dari pekerjaan kantor, itulah beberapa alasan kebanyakan para pengendara terlebih para lelaki untuk memilih berkendara saat malam hari.

Hal yang perlu untuk dipahami bahwa resiko berkendara saat malam hari tidak lebih aman dibandingkan saat berkendara siang hari. Salah satu alasan yang membuat resiko berkendara pada malam hari adalah jarak pandang.

Seterang apapun lampu kendaraan Anda, akan tetap jauh lebih terang penerangan pada saat siang hari. Tidak hanya faktor jarak pandang, kondisi fisik tubuh yang sudah menurun juga berpengaruh untuk meningkatkan resiko kecelakaan.

Pakar keselamatan memaparkan bahwa jarak pandang dan kondisi badan yang tidak fit merupakan faktor terbesarnya terjadinya resiko kecelakaan. Jika Anda memang harus berkendara pada saat malam hari, Ada beberapa tips dari ennergimotorsport.com agar Anda tetap aman berkendara saat malam hari, yaitu :

1. Kondisi tubuh dalam keadaan prima

Tips Aman berkendara saat malam hari yang pertama adalah dengan mempersiapkan kondisi tubuh yang prima dengan beristirahat dan tidur yang cukup saat siang hari. Persiapan dengan tidur siang hari bisa membantu badan Anda lebih segar saat berkendara di malam hari.

Sebaliknya, jika pada saat Anda hendak berkendara malam hari akan tetapi dirasa kondisi tubuh anda tidak prima, sebaiknya urungkan niat untuk bepergian malam hari. Misalkan seperti sakit kepala, pusing, atau kondisi tidak sehat lainnya yang berpotensi memunculkan resiko berbahaya.

2. Pastikan kondisi mobil bagus

Setelah menyiapkan kondisi tubuh yang prima, langkah selanjutnya adalah memastikan kondisi mobil yang akan Anda gunakan dalam kondisi bagus atau layak untuk digunakan. Terlebih hal yang patut Anda perhatikan adalah sistem penerangan alias lampu.

Ilustrasi Berkendara Malam Hari, sumber ig rukepark
Ilustrasi Berkendara Malam Hari, sumber ig @rukepark

Di malam hari, lampu utama mobil Anda sangat membantu ketika berpergian. Pastikan keadaan lampu utama mobil Anda berfungsi dengan baik. Keadaan lampu utama yang redup akan berdampak buruk bagi penglihatan Anda dan membutakan pengendara lain.

Ketika berkendara di area yang minim penerangan seperti di daerah pedesaan, bijaklah dalam menggunakan lampu sorot. Biasanya pengemudi Akan tergoda untuk tetap menyalakan lampu sorot jauh (high beams), tetapi jangan lupa untuk memindahkanya ke sorot rendah (low beams) ketika ada kendaraan yang mendekat.

Selain itu, pastikan pula cahaya lampu dari dalam mobil lebih redup sehingga tidak mengganggu penglihatan Anda karena cahaya lampu yang terang dapat menciptakan pencahayaan yang tidak perlu dan mengganggu fokus mata Anda.

Selain mengecek kondisi lampu, pastikan pula kondisi kaca jendela mobil Anda agar tetap bersih. Kondisi kebersihan kaca mobil Anda akan berpengaruh pada jarak pandang mata Anda. Kotoran dan embun akan sangat mengganggu kemampuan visibilitas Anda.

3. Bersama Teman

Tips lainnya adalah membawa teman. Tentu perjalanan Anda akan terasa menyenangkan bila ada yang menemani. Selain menambah suasana dalam bepergian, memiliki teman dalam bepergian memberikan kelebihan seperti memiliki teman ngobrol untuk mengusir kantuk memiliki teman untuk bergantian saat merasa lelah dalam berkendara, seseorang tempat meminta tolong, dan lain sebagainya.

4. Sesuaikan Kecepatan

Kondisi berkendara pada malam hari tentunya akan lebih sepi jika dibandingkan berkendara pada siang hari. Nah, tidak sedikit para pengendara yang tergoda untuk mengemudikan kendaraannya dengan kecepatan yang berlebihan. Tujuannya tidak lain adalah agar sampai di tempat tujuan lebih cepat.

Namun hal tersebut tidaklah baik, alih-alih sampai pada lokasi tujuan, bahkan sebaliknya bisa menimbulkan kecelakaan. Pasalnya, penerangan pada malam hari sangatlah terbatas. Jika mengemudi terlalu cepat, tentu Anda tidak sempat melakukan manuver jika terdapat kendaraan didepan Anda.

Hal tersebut dikarenakan keterbatasan jarak pandang mata Anda sehingga meningkatkan risiko menabrak kendaraan lain yang berada di depan. Untuk itu, jagalah kecepatan agar tetap stabil jika mengemudi mobil di malam hari.

5. Jaga Kewaspadaan

Terkadang pengendara merasa yakin terhadap pengalaman yang dimilikinya setelah puluhan kali melewati jalur yang sama sehingga membuatnya meremehkan medan. Untuk itu saat berkendara, tetaplah waspada terhadap kondisi karena tak akan ada yang mampu memprediksi apa yang akan selanjutnya terjadi di jalanan.

Itu dia beberapa tips berkendara saat malam hari. Semoga lebih meningkatkan kewaspadaan kita ya. Simak juga tips tentang melindungi mobil di halaman kami.