Panas adalah suatu ancaman bagi yang mempunyai kendaraan seperti motor, mobil dan lainnya. Bagaimana tidak? Kendaraan seperti mobil adalah kendaraan yang rentan akan panas matahari. Jika terus dipanaskan di atas sinar matahari, keadaan mobil akan jadi semakin memburuk. Masalah yang biasa di hadapi akibat sinar matahari adalah mobil menjadi kusam, bahan karet seperti wiper menjadi keras dan lainnya. Oleh karena itu berikut ini adalah cara melindungi mobil dari sinar matahari yang patut dicoba

Mobil adalah salah satu barang berharga yang Anda miliki dan sudah pasti Anda pasti akan menjaganya bukan? Untuk itu disini akan dibagikan beberapa tips perawatan mobil tentang cara melindungi mobil dari sinar matahari. Berikut ulasannya :

1. Kaca Mobil Dipasang Kaca Film

Kaca film ini sangat dianjurkan untuk dipasang di mobil karena bisa menghalangi sinar matahari masuk melalui kaca. Selain penumpang akan merasa nyaman tidak terlalu panas, kaca ini juga berlaku sebagai pelindung mobil. Sebaiknya segera lapisi kaca mobil Anda dengan kaca film, meskipun harganya relatif mahal tapi coba liat fungsinya. Kaca film ini akan menghindari sinar matahari masuk ke kabin mobil yang bisa merusak bagian interior mobil Anda.

2. Tegakan Wiper

Hal ini sering sekali diabaikan oleh banyak orang, sebenarnya menegakkan wiper itu penting ketika mobil sedang di parkir. Apalagi jika lahan parkir Anda ada di lapangan, Anda wajib menegakkan wiper dulu sebelum meninggalkannya. Jika dibiarkan saja wiper tetap tertidur, maka wiper akan terpapar sinar matahari. Jika hal itu terjadi, wiper akan mengeras dan ketika digunakan kembali akan merusak kaca mobil Anda. Anda tidak ingin hal itu terjadi bukan? Jika sampai terjadi seperti itu Anda pasti akan mengganti wiper Anda dengan yang baru dan akan mengeluarkan uang Anda lagi.

Ilustrasi Mobil di Bawah Sinar Matahari, sumber ig camping_pictures

Ilustrasi Mobil di Bawah Sinar Matahari, sumber ig @camping_pictures

3. Cari Tempat Parkir Yang Teduh

Cara melindungi mobil dari sinar matahari selanjutnya adalah cari tempat parkir yang teduh. Anda bisa mencarinya di basement atau di bawah pohon. Meskipun agak sedikit jauh ini lebih baik. Jika mobil Anda kepanasan juga akan berdampak buruk buat kondisi mobilnya, jadi lebih baik mencegah.

4. Poles Body Mobil

Cara selanjutnya adalah dengan poles mobil secara rutin. Karena dengan mengecet mobil juga bisa melindungi mobil Anda dari sinar ultraviolet. Jangan khawatir, sekarang sudah ada paket hemat yang bisa dipilih untuk poles body mobil

5. Turunkan Sedikit Kaca Jendela

Ketika hendak memarkir mobil, sebelum Anda keluar dari mobil, sebaiknya turunkan sedikit saja kaca jendelanya. Hal ini bertujuan agar ada udara bisa masuk ke dalam mobil lewat sedikit dari pentilasi mobil. Sehingga mobil tidak mengalami kepanasan dan juga mobil tidak akan terasa pengap nantinya.

Semoga cara di atas bermanfaat, jika Anda ingin bertanya atau butuh jasa perawatan, Anda bisa akses situs ennergimotorsport.com. Simak artikel perawatan mobil lainnya di halaman kami.