Penyebaran virus corona ( Covid-19 ) masih terus meluas ke banyak negara termasuk Indonesia dan menjadikan pandemi. Virus Corona telah menyerang riburan orang dan menelan raturan korban jiwa. Ketika virus corona telah menjangkiti manusia, ia akan dapat dengan mudah menularkan kepada sesama manusia. Karena itu di mengemudi saat pandemi harus memperhatikan berbagai hal.

Penularan dari manusia ke manusi bisa melalui berbagai cara, salah satu medianya melalui mobil. Mobil adalah salah satu dari sekian banyak media yang bisa menularkan virus tersebut. Tidak mengherankan karena mobil merupakan sarana transportasi yang digunakan manusia untuk beraktivitas sehari-hari.

Nah, untuk itu penting untuk Anda ketahui beberapa kiat-kiat mengemudi saat pandemi menggunakan mobil agar anda terhindari dari virus Corona. Kali ini EnnergiMotorsport.Com website begkel mobil Jogja berpengalaman akan memberikan penjelasan mengenai mengemudi saat pandemi dengan aman.

Mengemudi Saat Pandemi
Masker adalah pelindung saat pandemi. Sumber Unsplash

Mengenal Lebih Jauh Virus Corona

Virus Corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 ( SARS-CoV-2) merupakan kumpulan virus yang mampu menginfeksi sistem pernafasan. Virus ini diperkirakan berasal dari hewan, seperti kelelawar dan unta, dan bisa menular dari hewan ke manusia, serta dari manusia ke manusia.

Penularan antar manusia kemungkinan besar melalui percikan dahak saat batuk atau bersin. Sedangkan mengenai gelaja ketika seseorang terinfeksi virus Corona adalah akan mengalami gejala mirip flu, seperti demam, batuk dan pilek.

Namun, beberapa hari setelahnya, orang yang terserang infeksi virus corona bisa mengalami sesak nafas akibat infeksi pada paru-paru (pneumonia). Gejala Covid-19 ini akan muncul dalam waktu 2 hari hingga 2 minggu setelah terpapar virus corona.

Mengenai nama resmi, virus corona ini diberi nama Covid-19. Covid-19 adalah singkatan dari ‘Co’ yang berarti Corona, ‘Vi’ artinya Virus dan ‘D’ adalah Disease (penyakit) dan 19 adalah tahun dimana pertama kali penyakit ini teridentifikasi di Tiongkok, yaitu 31 Desember 2019.

Kiat Mengemudi Saat Pandemi

1. Menjaga Kebersihan Tangan saat Sebelum dan Sesudah Menyetir

Tangan merupakan bagian dari anggota tubuh yang sering bersentuhan dengan kuman, termasuk menjadi media perantara berpindahnya virus Corona. Nah, Untuk itu kiat mengemudi mobil agar terhidar dari virus corona petama adalah dengan menjaga kebersihan tangan sebelum dan sesudah menyetir mobil. 

Dilain sisi, para dokter juga mengatakan bahwa menjaga kebersihan tangan dengan muncucinya adalah cara kedua terbaik untuk terhindar dari virus corona setelah vaksin. Lantas bagaimana cara terbaik untuk mencuci tangan agar terhindar dari virus corona ?

Para pakar menganjurkan agar Anda membersihkan tangan lebih dari sekedar membasuhnya dengan air lalu dikeringkan. Mereka merekomendasikan untuk mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik untuk bisa membunuh bakteri. 

Namun ada cara lain untuk memersihkan tangan dari bakteri yaki menggunakan hand sanitizer yang saat ini banyak dijual bebas. Namun perlu di ketahui bahwa langkah terbaik adalah mencuci dengan menggunakan sabun.

2. Menggunakan Masker

Kiat-kiat mengemudi saat pandemi berikutnya adalah dengan menggunakan masker. Masker berfungsi untuk melindungi diri dan juga orang lain. Terlebih jika pengemudi atau penumpang dirasa mengalami gejala seperti demam, pilek, dan bantuk. Atau bagi anda yang bekerja sebagai pengemudi taksi online, menggunakan masker adalah wajib.

Selain itu juga, kabin mobil merupakan area tertutup dengan sistem sirkulasi AC yang juga hanya berputar di dalam mobil. Disarankan unutk Anda menggunakan masker surgical mask, masker bedah, atau masker N95. Masker-masker tersebut dinilai memiliki perlindungan yang paling efektif karena mampu menyaring hingga 95 % partike kecil di udara.

3. Menjaga Kebersihan Mobil

Secara teknis, bagaimana mekanismenya mobil bisa menjadi sarana penularan virus corona adalah sebagai berikut, jika terdapat penumpang atau pengemudi yang terinfeksi virus tersebut, kemungkinan penularannya terjadi melalui percikan air liur yang tersebar melalui batuk atau bersin. Dan percikan tersebut menempel pada bagian-bagian mobil.

Alhasil, bagi Anda yang memiliki mobil patut untuk tetap menjaga kebersihannya. Mulai dari interior maupun eksterior. Sediakan cariran-cairan yang memang dikhususkan untuk membersihkan setiap bagian mobil seperti bagian yang berbahan kulit bisa menggunkan leather cleaner. Aplikasikan setiap pagi sebelum mengemudi.  

Selanjutnya, pengguna mobil bisa menyemprotkan anti bakteri ke dalam kabin mobil, terutama bagian yang sering tersentuh seperti setir, pintu, tuas transmisi, konsol tengah, serta kontrol AC dan audio di tengah dasbor. Beberapa anti bakteri dilengkapi pewangi yang membuat suasana kabin jadi terasa lebih segar dan nyaman.

4. Menjaga Kondisi Tubuh

Meski belum ada obatnya, virus Corona akan susah menjangkiti penumpang yang memiliki sistem kekebalan tubuh baik. Oleh karena itu, selalu jaga kondisi tubuh dengan 4 hal berikut :

  • Berolahragalah di pagi hari. Menurut Martinue (2017), Vit D meningkatkan imunitas. Olahraga ringan juga membantu tubuh tetap maksimal dalam kesehatan.
  • Kurangi stress. Sebab sistem imun tubuh juga akan berkurang saat stress, perbanyak doa, dzikir, dan sholat.
  • Istirahatlah yang cukup. Tentu ini adalah hal yang favorit bagi kita semua, tak perlu untuk penjelasan lebih detail.
  • Makanlah makanan yang halal dan bergizi. Perbanyak buah, sayur, kacang-kacangan, biji-bijian yang alamai. Hindari softdrink, junkfood dan makanan instan serta tinggi proses.

Selain keempat hal tersebut Anda juga bisa meningkatkan imunitas tubuh dengan mengonsumsi multivitamin terkhususnya vitamin C. Jika kondisi tubuh Anda dirasa tidak mengenakan periksalah ke dokter, khususnya jika ada gejala terkait virus Corona.

Mengemudi Saat Pandemi
Mengendara mobbil saat pandemi perlu memperhaatikan banyak hal. Sumber Unsplash

5. Berdoa

Tentu hal berikut ini tidak kalah penting dengan hal lainnya, yaitu berdoa untuk meminta perlindungan. Ketahuilah bahwa Allah SWT lah pemilih badan dan jiwa kita, perbanyak doa dan jiwa kita. Jadi bukan hanya sistem imun, tapi juga sistem iman yang di-upgrade.

Itulah ulasan mengenai kiat erkendara saat pandemi menggunakan mobil. Semoga artikel ini memberikan informasi bermanfaat untuk anda. Jangan lewatkan artikel kami lainnya tentang penyebab ban pecah pada mobil. Terima kasih.