Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan – Saat ini merupakan masa musim hujan, Anda sebagai pengguna mobil harus bersiap ketika mobil Anda akan terguyur hujan. Bila Anda tidak melakukan perawatan mobil dengan benar, mobil Anda yang sering terguyur hujan kemungkinan besar akan mengalami masalah sebab kandungan air hujan berbeda dengan air biasanya, dimana air hujan mengandung kadar garam yang lebih banyak yang tentunya tidak bagus untuk mobil Anda.

Tentu Anda perlu melakukan perawatan yang maksimal sehingga performa mobil tetap dalam keadaan prima untuk dikendarai. Berikut ini beberapa tips merawat mobil  Anda  di musim hujan seperti sekarang.

1. Membersihkan Sisa Air Hujan

Ketika mobil Anda terguyur hujan, jangan sampai membiarkan air hujan tersebut terlalu lama menempel di body mobil Anda. Usahakan untuk langsung membersihkan sisa air hujan agar jamur dan karat tidak merusak lapisan cat mobil.

2. Menggunakan Silicon Spray

Dalam menghadapi cuaca yang kerap berubah-ubah, menyemprotkan silicon spray merupakan cara termudah untuk melakukan perawatan mobil. Semprotkan silicon spray pada bagian kaca serta karet mobil Anda, sehingga mobil Anda tetap awet beserta karetnya selalu lentur dan lebih tahan lama.

3. Memarkir Mobil di Tempat yang Terlindungi

Ilustrasi Merawat Mobil Saat Musim Hujan
Ilustrasi Merawat Mobil Saat Musim Hujan, Sumber : auto2000.co.id

Ketika Anda sudah melakukan pencucian serta pengeringan, biarkan mobil Anda terlindungi di dalam garasi agar tidak terkena hujan lagi. Selain itu, dengan memarkirkan mobil di dalam garasi akan membantu perawatan mobil, sehingga mobil Anda tidak terkena cahaya matahari langsung yang akan merusak lapisan mobil karena di musim hujan biasanya suhu udara saat panas  akan terasa lebih tinggi dari sebelumnya.

4. Memeriksa Sistem Komponen Mobil

Pemeriksaan ini bertujuan agar kondisi mesin selalu berada di kondisi terbaik. Anda bisa memeriksa mulai dari suspensi, wiper, sistem pengapian, dan dinamo starter. Empat komponen tersebut merupakan komponen yang paling rawan mengalami masalah ketika musim hujan, mungkin saja hal yang terjadi karena masuknya air ke dalam komponen tersebut.

5. Membersihkan Kaca Depan Mobil

Berikutnya, Anda juga perlu rutin membersihkan kaca depan mobil. Tips merawat mobil saat musim hujan yang satu ini perlu dilakukan, agar kaca depan mobil selalu bersih dan jernih.

Anda bisa melakukannya dengan cara rutin mengelap kaca depan mobil, sesaat setelah digunakan atau ketika terkena hujan, serta tetap menyalakan AC mobil dengan suhu yang tidak terlalu dingin ketika hujan.

Sebab, hal itu akan membantumu menjernihkan kaca mobil, dari embun yang menempel pada kaca akibat hujan. Namun selain cara-cara di atas, Anda juga bisa merawat kaca mobil agar tetap jernih, dengan mengoleskan sedikit sampo ke kanebo yang lembap, lalu bersihkan kaca mobil dengan gerakan searah.

6. Membersihkan Karpet Mobil

Ilustrasi Karpet Mobil
Ilustrasi Karpet Mobil, Sumber : kompas.com

Di urutan keenam yakni membersihkan karpet mobil, sebagai tips merawat mobil saat musim hujan yang perlu dilakukan. Bagaimana tidak, pasalnya langsung membersihkan karpet mobil dapat mencegah timbulnya jamur dan bau tak sedap pada karpet.

Yang mana, jamur dan bau tak sedap ini biasanya timbul akibat pengguna masuk ke dalam mobil saat hujan, yang menyebabkan karpet mobil menjadi basah, kotor lalu lembap. Untuk mencegah atau mengatasi hal tersebut, Anda bisa menaruh karpet tambahan, yang berguna untuk melapisi lantai mobil agar tidak kotor, basah dan lembap, yang memicu timbulnya jamur.

Selain itu, Anda juga bisa mencuci karpet mobil secara rutin, setidaknya satu minggu sekali, untuk memastikan karpet mobil selalu dalam keadaan bersih.

7. Mengecek Kondisi Ban dan Rem Mobil

Salah satu tips merawat mobil saat musim hujan, yang tidak boleh dilewatkan yaitu mengecek kondisi ban dan rem mobil. Disebut sebagai hal yang tidak boleh dilewatkan, karena pada musim hujan kondisi jalan lebih licin dari biasanya. Sehingga, ban akan cenderung mencengkeram lebih kuat dari biasanya.

Oleh karena aktivitas tersebut, maka pengecekan kondisi rem dan ban mobil wajib dilakukan. Tujuannya yaitu untuk memastikan, jika kondisi ban dan rem sudah sesuai standar keamanan berkendara. Dengan demikian, ketika dibawa berkendara pada saat musim hujan, ban dan rem sudah aman digunakan.

8. Membersihkan Kaki-kaki Mobil

Siapa sangka, kalau membersihkan kaki-kaki mobil juga menjadi bagian dari tips merawat mobil saat musim hujan. Membersihkan kaki-kaki mobil sejatinya dapat mencegah terjadinya kerusakan mobil, yang umumnya ditunjukkan melalui bunyi-bunyi mesin sebagai pertanda.

Munculnya bunyi-bunyi tersebut, biasanya terjadi akibat mobil menerjang medan yang penuh dengan genangan air hujan, bahkan lumpur. Oleh karena itu, untuk mencegahnya Anda bisa membersihkan kaki-kaki mobil secara menyeluruh, dengan air bertekanan tinggi dan sampo mobil sesaat setelah mobil dipakai saat hujan.

Ilustrasi Kaki Mobil
Ilustrasi Kaki Mobil, Sumber : garasi.id

9. Memeriksa Kondisi Karet Wiper Mobil

Selain delapan hal di atas, tips merawat mobil saat musim hujan yang ke-9, yaitu memeriksa kondisi karet wiper mobil. Ini penting dilakukan, karena wiper mobil memiliki fungsi sebagai alat pembersih kaca depan mobil dari air hujan dan debu.

Cara yang bisa Anda lakukan, untuk memastikan kondisi karet wiper mobil baik-baik saja, yaitu dengan menggantinya setiap 6 – 12 bulan sekali. Atau jika tidak melakukan penggantian, Anda juga bisa menggunakan produk rain repellent, untuk menjaga karet wiper mobil tetap baik dan tahan lama.

Buat Anda yang belum tahu, rain repellent merupakan cairan yang akan memberikan lapisan khusus pada kaca mobil, agar air hujan yang menempel pada kaca semakin mudah disapu oleh wiper, air hujan dapat meluncur dengan sendirinya dari kaca mobil, serta kaca terbebas dari jamur.

10. Memanaskan Mesin Mobil Secara Rutin

Meski pemeriksaan komponen mesin dan pembersihan interior serta eksterior mobil, merupakan hal utama yang wajib dilakukan, namun memanaskan mesin mobil secara rutin pun tidak boleh dilewatkan.

Hal itu tentu saja karena mesin mobil akan dingin apabila tidak dipanaskan. Sehingga, apabila ingin membiarkan mobil di garasi untuk waktu yang cukup lama, terlebih pada saat musim hujan, sebaiknya tetap panaskan mobil setiap hari, untuk menjaga kondisi mesin mobil baik-baik saja.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa tips merawat mobil saat musim hujan. Semua tips tersebut penting dilakukan untuk menjaga mobil tetap dalam kondisi baik, meskipun sering digunakan beraktivitas selama musim hujan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Simak artikel lainnya di sini.