Interior mobil merupakan salah satu faktor penting yang dapat menentukan kenyamanan Anda saat berkendara di dalam mobil. Interior bawaan pabrik biasanya terkesan monoton dan “begitu-begitu” saja sehingga terkadang bisa jadi sedikit membosankan bagi para pecinta otomotif. Karenanya, banyak dari pecinta otomotif melakukan modifikasi interior mobil agar nyaman saat berkendara.

Salon interior mobil bisa menjadi pilihan yang bagus, terutama bila Anda berkendara setiap hari dengan mobil Anda. Kondisi di dalam mobil yang terasa nyaman, bersih dan menyenangkan di mata, membuat setiap perjalanan menjadi menyenangkan. Dengan catatan, jika Anda dapat mengabaikan kemacetan lalu lintas dan pengemudi lain di jalan.

Terlepas dari fakta bahwa setiap tipe dan seri mobil sudah dilengkapi beragam model, fasilitas, dan fitur yang lengkap, tidak sedikit orang yang melakukan modifikasi dengan menambahkan sejumlah perubahan pada mobil mereka. Alasannya, mobil yang sudah dimodifikasi dalam gaya atau tema tertentu dapat lebih mencerminkan kepribadian pemiliknya. Hal ini berlaku bagi modifikasi bagian eksterior maupun interior.

Headliner Pada Mobil, sumber ig westminsterautoupholstery
Headliner Pada Mobil, sumber ig @westminsterautoupholstery

Meski pengecatan ulang atau pemberian aksesori di bagian eskterior bisa membuat mobil terlihat lebih bergaya, modifikasi interior mobil juga tidak kalah penting. Penambahan sejumlah fitur atau unsur dekoratif di bagian dalam mobil dianggap dapat meningkatkan mood dan kenyamanan pengemudi serta penumpang saat berkendara atau dalam perjalanan. 

Tips Modifikasi Interior Mobil

Ada banyak aksesoris atau variasi di pasar yang bisa Anda pilih untuk modifikasi interior mobil Anda, Anda tinggal menyesuaikan dengan selera dan budget yang ada saja. Namun, bila Anda masih bingung, berikut beberapa poin yang bisa Anda modifikasi pada bagian dalam mobil Anda.

1. Headliner

Modifikasi interior mobil yang pertama adalah modifikasi pada bagian atap kabin (headliner). Modifikasi ini akan benar-benar mengubah penampilan interior mobil Anda. Anda bisa membuat kodifikasi dengan tampilan bintang atau membuat atap yang mewah dengan bahan kulit yang lux. 

Apabila Anda kreatif, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Ada banyak video tutorial tentang hal ini, tapi bila Anda ingin hasil yang pasti, serahkan pada bengkel variasi yang sudah terbukti.

Sarung Jok Pada Mobil, sumber ig hardy__classic
Sarung Jok Pada Mobil, sumber ig @hardy__classic

2. Sarung Jok

Modifikasi mobil pada bagian interior selanjutnya adalah pada sarung jok atau cover jok. Kustomisasi kursi atau jok ini akan dapat langsung mengubah tampilan interior mobil Anda secara instan. Ada banyak pilihan variasi sarung jok yang bisa Anda pilih. Tinggal Anda sesuaikan saja warnanya dengan warna tema mobil Anda.

Walaupun warna adalah masalah selera, tapi tetap perhatikanlah kesesuaian warnanya secara keseluruhan. Pilih juga bahan yang tidak panas, karena Anda akan duduk lama di atas sarung jok tersebut.

Sarung Stir Pada Mobil, sumber ig ajv_variasi
Sarung Stir Pada Mobil, sumber ig @ajv_variasi

3. Sarung Stir

Jika stir atau roda kemudi Anda agak kusam, cara terbaik adalah menutupnya. Sama seperti tips untuk memilih sarung jok, pilihan warna akan memberikan tampilan yang lebih mewah, misalnya dengan efek kayu, kulit atau alternatif kasmir. Sedangkan bahan yang baik dengan grip yang baik pula akan membuat nyaman saat Anda mengontrol mobil di jalan.

Dashboard Pada Mobil, sumber ig _bokeh_exolution_
Dashboard Pada Mobil, sumber ig @_bokeh_exolution_

4. Dashboard

Modifikasi interior selanjutnya adalah pada bagian dashboard atau dasbor. Jika dasbor Anda tampak sedikit usang atau jika Anda hanya ingin memodifikasinya, langsung saja bawa ke bengkel variasi mobil pilihan Anda karena bagian ini perlu penanganan ahlinya.

Persneling pada Mobil, sumber ig sh2orc
Persneling pada Mobil, sumber ig @sh2orc

5. Tongkat Perseneling

Modifikasi interior mobil yang mudah lainnya ada pada tongkat perseneling. Anda dapat membeli penutup variasi pada bagian ini. Tapi yang harus diperhatikan adalah kenyamanan atau pegangannya jangan sampai membuat anda malah kesulitan.

Lantai LED pada mobil, sumber ig Sarung Jok Pada Mobil, sumber ig hardy__classic
Lantai LED pada mobil, sumber ig Sarung Jok Pada Mobil, sumber liputan6.com

6. Lampu Lantai LED

Lampu LED pada lantai tersedia dalam berbagai warna, lampu lantai LED akan menambahkan cahaya romantis ke mobil Anda dan membuat malam Anda lebih berwarna.

Pedal Mobil, sumber ig 79_project
Pedal Mobil, sumber ig @79_project

7. Pedal

Mengganti pedal dengan aksesoris ini mudah tapi akan tampak menyenangkan. Apabila Anda suka dengan tema sport, maka ganti dengan pedal mobil balap.

Demikian ulasan mengenai beberapa tips modifikasi interior mobil yang bisa Anda lakukan agar mobil Anda akan terlihat lebih elegan dan yang terpenting tentunya nyaman saat dibawa berkendara atau perjalanan panjang. Semoga informasi ini bermanfaat. Simak terus informasi body repair di ennergimotorsport.com.