Dulu mesin diesel hanya digunakan untuk kendaraan besar dan berat seperti truk, bus, dan kendaraan proyek. Tapi kini mesin diesel juga digunakan untuk mesin mobil. Teknologi mesin diesel pun kini semakin canggih. Sehingga memudahkan untuk dipakai dan berkendara. Terutama berkendara di medan yang berat dan jarak tempuh yang jauh. Banyak yang bilang perawatan mobil diesel itu susah. Namun apa benar demikian? nyatanya tidak. Berikut ini akan kita bahas cara Merawat Mobil Diesel yang tepat.

Perawatan Mobil Diesel Yang Harus Diperhatikan

Secara umum, perawatan mobil diesel tidak berbeda jauh dengan perawatan mesin diesel pada truk dan bus. Dan statement bahwa merawat mobil bermesin diesel itu tidak sepenuhnya besar. Semua jenis mesin mobil memang memerlukan perawatan. Memang untuk mesin diesel sendiri harus lebih telaten dan rutin dalam memeriksa dan merawatnya. Berikut ini adalah hal-hal penting dalam Merawat Mobil Diesel yang perlu Anda beri perhatian khusus. Agar mesin mobil diesel Anda senantiasa handal dan awet.

1. Perhatikan Kebersihan Filter Solar

Filter solar merupakan komponen penting bagi mesin diesel. Yang berpengaruh langsung pada performa laju bahan bakar. Cek dan bersihkan filter solar ini secara rutin. Karena jika tidak bahan bakar akan terhambat. Dan jika dibiarkan mobil akan mogok karena suplai solar ke mesin yang terhambat.

2. Water Sedimenter

Water sedimentaer merupakan bagian penampung air hasil penguapan solar. Usahakan untuk selalu mengecek bagian ini. Dan buanglah airnya jika sudah penuh. Agar air sisa buangan ini tidak kembali ke dalam ruang bahan bakar.

3. Panaskan Mobil Terlebih Dahulu

Diesel Truck, sumber ig bakers_armory

Diesel Truck, sumber ig @bakers_armory

Jangan buru-buru memakai mobil setelah dinyalakan. Panaskan dulu mobil Anda sekitar 15-20 menit. Hal ini karena mesin diesel membutuhkan suhu minimal 750 Celsius untuk pembakaran yang sempurna. Hal ini juga yang akan berpengaruh pada keawetan mobil Anda nantinya.

4. Kelistrikan

Aki, Busi Pijar dan komponen indikator lain. Aki harus Anda perhatikan. Jangan sampai habis. Begitu juga busi pijar. Jangan terlambat untuk menggantinya. Karena dijamin Anda akan kesusahan untuk menyalakan mesin mobil jika busi pijar Anda rusak. Untuk indikator dashboard, pastikan juga semuanya berfungsi dengan baik. Sehingga Anda akan tau kapan melakukan penggantian komponen mesin Anda yang rusak.

5. Stop Langsung Mematikan Mesin Mobil

Usai bepergian dengan mobil kesayangan, jangan pernah langsung mematikan mesin mobil langsung. Ini berlaku untuk semua jenis mesin mobil. Minimal diamkan dulu mobil selama 5 menit. Untuk memberikan kesempatan mesin “mendinginkan” dirinya sendiri. Sehingga mesin akan lebih awet.

Jika Anda mengalami kesulitan dan tidak cukup waktu untuk merawat mobil Anda, Anda bisa langsung membawa mobil ke Ennergi motorsport. Bengkel mobil yang sudah berpengalaman dengan berbagai jenis mobil. Anda bisa booking antrian langsung melalui website ennergimotorsport.com. Atau bisa juga lewat whatsApp.