Memiliki mobil adalah sebuah kebanggaan dan bisa menjadi prestise tersendiri. Namun, Di balik fungsi dan kegunaan mobil sebagai alat transportasi, Anda juga harus peduli pada perawatannya. Mobil ada dua jenis. Yakni mobil transmisi otomatis atau matic dan mobil bertransmisi manual dan perawatan keduanya juga memiliki beberapa perbedaan yang harus Anda perhatikan. Dari segi transmisi, kedua mobil ini sudah memiliki perbedaan. Sehingga dalam hal perawatan pun juga ada beberapa hal berbeda. Meski ada sebagian prinsip perawatan yang memiliki kesamaan. Berikut beberapa perbedaan yang harus Anda perhatikan dalam Perawatan Mobil Matic Dan Manual.

1. Rutin Memeriksa Dan Mengganti Oli Mesin

Ini merupakan hal wajib dalam setiap perawatan mobil matic dan manual secara berkala. Karena akan sangat fatal jika mesin mobil Anda kekurangan pelumas.

2. Pengecekan Rutin Valve

Untuk perawatan mobil matic, lakukan pengecekan rutin pada valve selain mengecek oli transmisi. Hal ini penting sekali mengingat valve merupakan komponen penting transmisi mobil matic. Terlebih jika sering digunakan dengan kasar dan terburu-buru.

3. Cek Oli Transmisi Mobil Matic

Oli transmisi berfungsi untuk melumasi persneling. Dianjurkan melakukan penggantian oli transmisi jika sudah mencapai 5000 km. Dan jika sudah menembus angka 20.000 km, dianjurkan untuk menguras oli dan ganti baru.

Perawatan Mobil, sumber ig automechanikajd

Perawatan Mobil, sumber ig @automechanikajd

4. Filter Karburator

Untuk mobil manual, perhatikan filter karburator Anda. Inilah yang nanti jika dilupakan akan mengakibatkan mobil susah dihidupkan, bahkan Mogok. Terlebih untuk mobil-mobil tua keluaran 5 atau 10 tahun silam.

5. Kopling Dan Kampas Kopling

Jika tadi sudah kita bahas valve pada mobil matic, kini kita bahas perawatan mobil matic dan manual bagian kopling. Karena memang sering kali kopling ini menjadi masalah yang sering muncul. Bisa akibat usia dan pemakaian. Untuk perawatan mobil manual, kopling dan kampas memang harus diperhatikan. Rutin dicek dan juga diganti jika sudah aus. Mengingat benda ini menjadi inti transmisi mobil manual.

6. Timing Belt

Ini merupakan komponen mobil manual yang sangat penting. Berfungsi untuk meneruskan putaran roda gigi (transmisi) terhadap mesin. Kerusakan timing belt dapat dideteksi dengan bunyi dengungan keras saat Anda mengoperasikan mobil Anda. Bahkan sejak awal mesin dihidupkan. Jika sudah seperti itu, ada baiknya segera bawa mobil Anda ke bengkel untuk segera dilakukan pengecekan dan perbaikan.

Untuk mengatasi kerusakan mobil atau melakukan perawatan, serahkan semuanya kepada ennergi motorsport. semua akan ditangani dengan baik oleh ahlinya. Mulai dari perawatan, penggantian komponen, sampai perbaikan kerusakan pada mobil Anda. Sudah berpengalaman dalam merawat dan memperbaiki segala jenis mobil. Malas antri? Booking online saja melalui website ennergimotorsport.com. Bisa juga via WhatsApp yang ada di website. Konsultasi online? Bisa juga. Langsung melalui whatsApp. Gratis. Selamat memanjakan mobil Anda.