Kini mobil menjadi kebutuhan penting, maka tidak heran bila semakin banyak orang yang memiliki mobil. Mobil harus selalu di rawat agar tetap bagus dan bisa bekerja secara optimal. Namun bagi anda yang memiliki mobil namun belum memiliki garasi tentunya perawatan untuk mobil anda harus lebih lagi. Karena mobil akan sering terkena paparan sinar matahari yang mudah membuatnya rusak. Nah. apa saja perawatan mobil tanpa garasi itu? Simak uraiannya di bawah ini :

1. Cuci Mobil Minimal Seminggu Sekali

Perawatan mobil tanpa garasi yang paling umum adalah dengan rutin mencucinya. Untuk menjaga keindahan cat mobil dan body mobil, anda harus rutin mencuci mobil minimal seminggu sekali. Apa bila mobil baru digunakan dan terkena lumpur atau debu yang cukup tebal, misalnya jika anda menggunakan mobil untuk bepergian ke tempat di mana kondisi jalannya masih berupa tanah atau belum di aspal maka anda lebih baik langsung mencucinya. Karena lumpur dan debu berpotensi menyebabkan gores dan baret pada mobil sehingga akan membuat mobil anda kusam. Meskipun perawatan satu ini terbilang cukup menyita waktu namun tidak ada salahnya bila membuat mobil anda tetap bagus.

2. Gunakan Paint Protection Film

Paint protection film adalah pilihan yang tepat untuk menjaga mobil anda. Dengan perlengkapan satu ini mobil akan terlindungi dari hujan, panas, kotoran dan bisa mencegah goresan pada cat mobil. Karena car mobil terlindungi sehingga anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal untuk mengecat ulang mobil.

Ilustrasi Perawatan Mobil, sumber ig hoooman_panda

Ilustrasi Perawatan Mobil, sumber ig @hoooman_panda

3. Rutin Cek Mesin

Perawatan mobil tanpa garasi yang paling penting adalah dengan rutin mengecek mesinnya. Ketika anda memarkirkan mobil di luar ruangan, otomatis akan terkena paparan sinar matahari dalam waktu yang lama dapat menyebabkan suhu mesin naik. Jika terus di biarkan hal ini akan menyebabkan kerusakan pada mesin mobil. Oleh karena itu tidak ada salahnya jika anda meminta bantuan jasa mekanik atau peri ke bengkel untuk melakukan cek mesin secara rutin. Hal ini bertujuan agar mesin mobil bisa tetap bekerja secara optimal.

4. Jangan Lupa Gunakan Sarung Mobil

Jangan lupa untuk menggunakan sarung mobil agar eksterior mobil terlindungi dari debu dan kotoran yang membuat mobil kurang indah. Sarung mobil juga membuat menjaga cat mobil anda. Namun perlu diingat bahwa anda harus memilih sarung mobil yang baik, karena jika anda salah memilih sarung mobil maka bisa merusak mobil. Pilihlah sarung mobil yang water repellent bukan waterproof. Karena sarung waterproof dapat membuat mobil lembab dan mengakibatkan embun, noda bahkan dalam jangka waktu yang lama menyebabkan karat. Selain itu pilihlah sarung mobil yang dapat melindungi mobil dari radiasi sinar UV.

5. Gunakan Sarung Untuk Intertior Mobil

Agar interior mobil tetap awet, anda bisa menggunakan sarung khusus. Misalnya saja seperti sarung untuk jok, kaca film dan juga cover dashboard. Cara ini bisa melindungi interior mobil dari debu dan sinar matahari yang dapat merusak interior mobil.

Itulah 5 perawatan mobil tanpa garasi yang harus anda lakukan agar mobil indah walau sering di parkir di bawah sinar matahari. Namun ada baiknya anda tetap mengusahakan garasi untuk mobil agar mobil anda tetap aman dan tidak mengganggu kepentingan umum. Untuk perawatan mobil secara menyeluruh anda bisa mempercayakannya pada ennergimotorsport.com.