Berbicara mengenai velg mobil maka tidak akan lepas dengan ban yang digunakan. Artinya ukuran velg mobil akan mempengaruhi ukuran ban dan penggunaannya. Memang secara teori semakin besar ukuran ban anda maka cengkeram roda di aspal akan semakin kuat.

Namun saat ini pemasangan velg ataupun ban mobil lebih cenderung mengejar penampilan daripada fungsional. Seperti halnya pada modifikasi camber yang bisa menyebabkan ban boros.

Pentingnya Pemilihan Ukuran Ban

Seperti ulasan sebelumnya bahwa semakin besar ban kendaraan maka semakin kuat cengkeraman kendaraan di jalan. Hal itu dikarenakan dengan bertambahnya lebar ban, maka cakupan akan lebih banyak atau lebar di area permukaan di jalan raya. Hal ini akan lebih meningkatkan kemampuannya untuk bermanuver .

Meskipun antara ukuran velg dan ban memiliki hubungan, namun sebenarnya tidak begitu tergantung satu sama lain. Artinya, kendaraan anda memiliki ukuran pelek tertentu, tetapi anda masih dapat membeli berbagai ukuran ban agar sesuai dengan pelek tersebut, selama bagian tengah ban berukuran tepat. Biasanya kendaraan dengan pelek yang lebih besar sering kali dapat memuat ban yang lebih besar daripada kendaraan dengan velg standar.

Ukuran Velg Mobil
Ban tipis hanya untuk jalanan raaaata dan halus. Sumber unsplash

Ban Ukuran Besar

Ban dan roda yang lebih besar lebih baik dalam meningkatkan traksi kendaraan anda. Namun, ban yang lebih besar juga berarti memakan biaya yang lebih besar. Kemungkinan harga kendaraan antara roda yang besar dengan ukuran kecil tidak ada kenaikan yang signifikan. Namun hal ini akan terasa memberatkan finansial anda ketika ban yang aus harus diganti dengan ban baru.

Setelah anda memilih ukuran ban untuk kendaraan anda, tentunya untuk menyediakan ban penggantinya harus menggunakan ukuran yang sama. Hal ini agar tidak ada masalah kedepanya karena kesalahan ukuran ban. Ukuran ban yang berbeda antara satu dengan yang lain tentu menjadikan tidak nyaman dan rentan terjadi kerusakan di bagian mobil lainnya seperti suspensi dan pengereman.

Selain itu mengganti ban yang lebih besar dengan ketinggian dinding samping yang tidak tepat dapat menyebabkan kerusakan pada sistem suspensi kendaraan, roda, dan ban itu sendiri. Penggantian ban dengan ukuran tidak tepat dapat menimbulkan risiko pembacaan speedometer yang salah. Kaena itulah ketika anda memutuskan membeli ban baru, atau mengganti ban baru harus memperhatikan berbagai aspek, termasuk dalam pembacaan speedometer.

Mengganti Velg dan Ban Baru

Sebagian besar orang memang tidak mengetahui bagaimana teknis yang ideal untuk mengganti ukuran ban dan juga velg.

Membaca Ukuran Ban

Saat anda mencari ban baru, anda akan menemukan nama ukuran seperti 235 / 75R15 atau P215 / 65R15 yang ada pada ban. Label-label tersebut bisa membingungkan jika anda tidak mengetahui bagaimana cara membacanya. Setelah anda mempelajari cara melihat ukuran ban pada label tersebut maka akan diketahui seperti apa ukuran ban yang dibutuhkan..

Di sisi kiri simbol garis miring, akan anda temukan tiga angka dan terkadang huruf. Angka tersebut menunjukkan lebar ban dalam ukuran milimeter, dari dinding samping ke dinding samping lainnya. Semakin besar angkanya, semakin lebar ukuran ban maka semakin lebar tapk ban yang menyentuh aspal.

Sedangkan untuk huruf yang ada d sisi kiri garis miring, artinya adalah sebagai berikut :

  • P : Adalah untuk ban kendaraan penumpang. Keterangan ini juga memberi tahu anda bahwa ban dibuat untuk memenuhi standar di Amerika Serikat. Jika tidak ada tulisan huruf berarti dibuat untuk memenuhi standar Eropa. Kedua jenis tersebut memiliki kapasitas beban yang berbeda.
  • LT : Ukuran ban yang diawali dengan huruf ini dimaksudkan untuk digunakan pada truk ringan.ban jenis ini memiliki psi lebih tinggi karena untuk trailer dan beban berat.
  • ST : Ukuran ban dengan huruf ini hanya untuk roda pada truk gandengan.

Sebagai contoh adalah ban ukuran P215 / 65R15 maka diketahui bahwa ban tersebut untuk kendaraan penumpang dan memiliki lebar 215 milimeter.

Keterangan selanjutnya adalah angka di sebelah kanan garis miring yang menunjukkan rasio tinggi ban dengan lebarnya. Pada contoh P215 / 65R15 angka 65 memiliki arti tinggi dinding samping ban adalah 65% dari lebar ban.

Huruf tengah di sisi kanan garis miring memberi tahukan tentang metode konstruksi ban seperti kode R untuk ban Radial. Sedangkan angka terakhir memberi tahu anda ukuran roda yang cocok dengan ban tersebut. Dalam contoh diatas adalah angka 15 yang berarti ban tersebut cocok dengan roda dengan diameter 15 inci.

Ukuran Velg

Semakin besar ukuran velg mobil maka semakin sulit dan mahal membeli ban baru yang sesuai dengan ukuran velg mobil. Hal ini dikarenakan ukuran tersebut hanya di produksi oleh segelintir produsen ban. Karena itu orang lebih suka dengan ukuran ban dan velg yang standar.

Ukuran velg mobil yang besar maka memerlukan ban dengan ukuran lebih tipis. Ban harus cukup kecil atau tipis jika ukuran velg mobil besar agar bisa masuk ke dalam ruangan roda dengan baik. Semakin tipis ban anda, semakin kecil kemampuannya untuk melewati jalan yang lebih kasar dan berlubang.

Ukuran Velg Mobil
Ukuran pada ban. Sumber Unsplash

Roda adalah komponen penting kendaraan anda. Sebagian besar pengemudi tidak memikirkan ban yang mereka pilih untuk mobil mereka, yang sebenarnya dapat menyebabkan banyak masalah yang tidak diinginkan. Kenali mobil anda dan hindari membuat kesalahan dengan memilih ukuran ban yang tidak tepat untuk memastikan roda mobil anda aman dan memberi tingkat traksi terbaik.

Demikian ulasan mengenai ukuran velg mobil dan penggunaan ban. Semoga artikel ini memberikan manfaat untuk semua. Jangan lewatkan artikel bermanfaat lainnya yang bisa anda dapatkan di EnnergyMotorsport yang merupakan bengkel mobil Jogja profesional. Terima kasih.