Saat ini merupakan era industri digital yang banyak orang menyebut dengan zaman post=modern dimana kita sudah melampaui zaman moern. Efek yang bisa dilihat dari perkembangan industri digital adalah banyaknya penggunaan gadget yang kini menjadi kebutuhan. Berkembangnya industri digital juga membuka peluang penggunan website untuk marketing bengkel mobil.

Penggunaan website untuk marketing bengkel mobil untuk saat ini bukan menjadi hal aneh lagi. Jika penjual makanan atau warung makan saja ada yang membuat website untuk mempromosikan produknya maka penggunaan website untuk marketing bengkel bukan hal aneh. Bahkan dengan membuat website anda bisa mengambil celah peluang yang selama ini tidak terpikirkan.

Mobil yang siap direstorasi. Sumber Unsplash

Keuntungan Penggunaan Website Untuk Marketing Bengkel Mobil

Penggunaan website untuk marketing bengkel mobil memiliki beberapa keuntungan daripada penggunaan marketing konvensional. Dibawah ini keunggulan penggunaan website bengkel mobil.

Tidak perlu marketing konvensional

Ketika membuat website untuk promosi bengkel maka sebenarnya sudah tidak perlu lagi menggunakan media promosi konvensional seperti brosur, spanduk dan sebagainya. Segala informasi, penawaran, harga dan berbagai informasi yang dibutuhkan konsumen bisa di tampilkan pada website.

Pada bengkel cat mobil misalnya, anda bisa mencantumkan harga, proses bahkan informasi tentang nano ceramic coating dan pengaplikasiannya pada artikel website anda. jika hal itu ditulis pada pbrosur tentu membutuhkan space yang berlembar-lembar.

Bisa menunjukkan spesialisasi

Ketika menggunakan website untuk marketing bengkel mobil, segala informasi bisa di cantumkan termasuk informasi tentang spesialisasi pekerjaan yang dikerjakan bengkel tersebut. Misal saja bengkel khusus cat mobil maka spesialisasi pekerjaan ini bisa diinformasikan pada website dengan media gambar, kalimat atau video. Tunjukan kepada calon konsumen bahwa bengkel anda adalah bengkel mobil spesialis pekerjaan tertentu dan penanganannya secara profesioal.

Jika konsumen mengakses website bengkel cat mobil maka konsumen akan percaya bahwa bengkel cat mobil tersebut benar-benar spesialisasi dalam hal pengecatan mobil ketika menyaksikan video pada website tersebut. Maka anda bisa memaksimalkan website tersebut dengan berbagai konten.

Optimasi mesin pencari

ini juga tidak kalah penting, dengan melakukan optimasi mesin pencari maka anda bisa melakukan ‘penguasaan’ kata kunci pada satu area. Misal saja bengkel anda khusus menangani mobil VW maka anda bisa memaksimalkan kata kunci ‘bengkel VW profesional Jogja’. Sehingga ketika seseorang melakukan pencarian di mesin pencari yang akan tampil adalah website bengkel anda dengan segala informasi yang dibutuhkan konsumen.

Sesuaikan dengan menggunakan map

Pada gadget tiap orang pasti ada aplikasi Google map. Anda bisa mendaftar bisnis anda pada Google map. Sehingga ketika seseorang melacak posisi bengkel anda atau mencari jasa bengkel mobil terdekat maka yang ditampilkan adalah posisi bengkel mobil anda pada map. Google map hanya akan menampilkan informasi sekedarnya. Maka penggunaan tautan website pada Google map sangat diperlukan agar kunjungan ke website bengkel mobil anda meningkat.

Tidak harus berlokasi strategis

Ketika sudah tercantum di dalam Google map, sudah menguasai kata kunci lokal di suatu kota maka display bengkel di pinggir jalan raya yang ramai sudah tidak diperlukan lagi. Calon konsumen baru jika memilih bengkel mobil dan menjatuhkan pilihan pada bengkel anda kemudian berkenan datang ke bengkel tentu akan melacak posisi bengkel menggunakan Google map. Dan dengan pelayanan bengkel yang profesional maka review yang akan diberikan oleh pelanggan pada Google map akan di lakukan dengan review yang positif. Dan hal ini lebih efektif menjadikan bengkel mobil menjadi terpercaya dari pada penggunaan lokasi strategis.

Mneguunakan website untuk marketing bengkel Mobil
Bengkel Mobil khusus mobil sport. Sumber Unsplash

Itulah beberapa keuntungan menggunakan website untuk marketing bengkel mobil yang bisa disampaikan. Pada saat ini beberapa jasa pembuatan website profesional di Jogja juga menangani pembuatan website bengkel mobil. Maka hal ini menjadi indikasi bahwa bengkel mobil di Jogja telah memasuki pasar digital dalam marketingnya.